Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian cerah, 19.4 ° C

Korban Penembakan di  Al Noor 49 Orang

Huminca Sinaga
DAILYMAIL/ DOK. GALAMEDIANEWS
DAILYMAIL/ DOK. GALAMEDIANEWS

CHRISTCHURCH, (PR).- Sedikitnya 49 orang tewas dalam serangan teroris, Jumat  15 Maret 2019, di dua masjid di kota Christchurch, kota yang dihuni banyak pendatang dari berbagai negara di seluruh dunia. Sementara 20 orang lainnya terluka dan dirawat di sejumlah rumah sakit setempat.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan bahwa serangan teroris tersebut merupakan kejadian "luar biasa, tak pernah terjadi sebelumnya, dan salah satu hari terkelam" negara tersebut.

Para pemimpin dunia, mulai dari PM Inggris, PM Australia sampai Presiden AS telah mengecam serangan tersebut dan menyatakan belasungkawa mendalam terhadap keluarga para korban.

Seperti dilaporkan The Guardian, serangan pertama terjadi di Masjid Al Noor di pusat kota Christchurch, sedangkan serangan kedua di Masjid Linwood di pinggiran kota.  Tiga orang telah ditahan, tetapi hanya seorang yang akan menjalani sidang di Pengadilan Christchurch pada Sabtu pagi waktu setempat.

Terkelam

Masih dilansir The Guardian, Perdana Menteri Jacinda Ardern, mengatakan, serangan teroris tersebut merupakan hal yang terkelam dalam sejarah Selandia Baru yang selama ini merupakan salah satu negara teraman di dunia.

"Ini merupakan serangan teror," ujar Arden dalam jumpa pers di Wellington, Jumat malam waktu setempat atau Jumat siang WIB. Jarak Christchurch ke ibu kota Selandia Baru di Wellington sekitar 440 kilometer.

Dari 49 korban tewas itu, menurut Ardern, 41 di antara mereka meninggal dunia di masjid Al Noor di dekat Hagley Park, pusat kota Christchurch. Sementara sisanya tewas di Masjid Linwood, pinggiran kota.

PM Ardern menekankan bahwa para tersangka pelaku yang telah ditahan "tidak berada dalam daftar pengawasan" aparat. ***

Bagikan: