Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Berawan, 22.5 ° C

Sendokopi Kenalkan Kopi Jawa Barat di Rumania

Gita Pratiwi A

BANDUNG, (PR). - Perusahaan berbasis komunitas yang bergerak di bidang perkebunan serta pengolahan biji kopi Sendokopi, turut mengenalkan kopi Jawa Barat di Rumania. 

Kopi Jawa Barat mendapatkan sambutan baik dari pengusaha dan penikmat kopi di sana. Pengenalan kopi khas Indonesia tersebut berlangsung dalam Business Luncheon di Bucharest, Rumaniabeberapa l waktu lalu. 

Acara tersebut tergelar atas kerja sama Direktorat III Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Bucharest. Didukung para pengusaha dari Rumania dan Kamar Dagang dan Industri Rumania (Camera de Commert Si Industrie de Romaniei). 

Menurut Ivan Varian, pendiri Sendokopi yang saat ini masih berada di Rumania, pamor kopi Jabar di sana cukup baik. Umumnya pemilik usha atau penikmat kopi mengetahui bahwa Jawa Barat adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Namun mereka hanya tahu dari media massa, para importir, atau distributor kopi saja.

"Saat kami datang, orang di sini terutama barista hanya sering mendengar saja tentang kopi Indonesia. Tapi belum pernah mereka lihat atau coba," kata Ivan saat dihubungi, Selasa 4 Desember 2018.

Ia menjelaskan, rasa kopi yang unik membuat konsumen di sana tertarik. "Rasa biji kopi indonesia sangat unik, berbeda dari kopi negara lain," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya sempat melakukan kalibrasi dan cupping dengan roaster dan barista. Sendokopi membawakan biji java preanger khas tanah Pasundan. Ketika diolah oleh barista dan roaster lokal di sana, hasilnya sangat disukai. 

"Semua suka dan senang, karena akhirnya mereka bisa coba kopi indonesia khususnya Jawa Barat," tutur dia. 

Sendokopi juga menghadirkan Profesional Cupper Firman Helmi dari Ranting Estate. Sehingga para pelaku usaha kopi mendapatkan keterangan sedetail mungkin. Dari mulai menanam, panen dan pengolahan hingga siap dipasarkan.

Di samping acara tersebut Sendokopi telah melakukan perkenalan tahap awal kepada pengusaha kopi , coffeeshop serta roastery yang ada di Bucharest, Rumania. Pada kesempatan ini Sendokopi melakukan direct marketing kepada pelaku usaha kopi baik yang sudah existing maupun yang baru akan beroperasi. Perjalanan ini merupakan agenda penuh dari Sendokopi untuk melakukan riset pasar serta berhubungan langsung dengan para pelaku usaha. 

Sendokopi juga mengundang para pengusaha dari Romania untuk dapat berkunjung ke Indonesia khususnya Jawa Barat. Untuk mengetahui perkebunan serta proses produksi hingga siap kirim juga membuka peluang usaha lain yaitu Eco Tourism.***

Bagikan: