Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Sebagian cerah, 27.6 ° C

Presiden Nigeria Bantah Punya "Kloning" Asal Sudan

Huminca Sinaga
LAGOS, (PR).- Setelah berbulan-bulan tak muncul di publik, Presiden Muhammadu Buharia akhirnya mengklarifikasi rumor yang telah beredar di media sosial bahwa dirinya telah meninggal, dan selama ini pemerintahan dijalankan seorang warga Sudan yang wajahnya mirip dengan sang presiden.

Dilansir The Guardian, Senin, Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari dengan tegas membantah klaim tersebut.

Buhari, yang kembali mencalonkan diri untuk pemilihan pada Februari 2019 mendatang, tahun lalu selama lima bulan sempat dirawat di rumah sakit di Inggris untuk mengobati penyakit yang dirahasiakan.

Karena absen lama di pemerintahan, banyak netizen setempat pun meyakini bahwa Buhari telah meninggal dunia. Sejumlah lawan politik Buhari pun memanfaatkan isu ini untuk kepentingan mereka dengan menyebutkan bahwa selama ini Buhari telah digantikan oleh seorang pria asal Sudan bernama Jubril. Wajah Jubril ini dilaporkan mirip dengan Buhari yang tahun ini berusia 76 tahun tersebut.

Kendati tak ada bukti yang menunjukkan bahwa Buhari telah meninggal dunia. Sejumlah video hoax yang dibuat netizen di YouTube dan Facebook soal meninggalnya sang presiden tetap ditonton banyak orang.
“Itu saya yang sebenarnya, saya jamin. Saya akan segera merayakan ulang tahun ke 76 saya dan saya akan tetap kuat, ”kata Buhari kepada warga Nigeria di Polandia ketika ditanya tentang Jubril.

“Banyak orang berharap saya mati saat sakit. Beberapa bahkan meminta Wakil Presiden untuk menganggap mereka sebagai wakilnya karena mereka menganggap saya sudah mati. Itu sangat memalukannya dan tentu saja, Wapres mengunjungi saya ketika saya sedang di London untuk pemulihan, " katanya seraya menambahkan bahwa mereka yang menyebarkan desas-desus itu adalah orang-orang yang tidak peduli dan tidak religius.

Pemimpin Nigeria mengatakan, dia akan segera merayakan ulang tahunnya yang ke 76 pada tanggal 17 Desember mendatang. "Jika saya kembali dirisak, banyak cucu saya yang akan melawan Anda," ujar Buhari.
Dilansir The Guardian, sebuah video dari presiden yang menjawab pertanyaan soal apakah dirinya telah meninggal dunia dan punya "kembaran" telah diunggah ke akun Twitter presiden, yang diikuti oleh 1,76 juta orang.***
Bagikan: