Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28 ° C

Punya Duit Rp 594 Triliun, Jack Ma Jadi Orang Terkaya di Tiongkok

BEIJING, (PR).- Harta yang mencapai 270 miliar RMB atau sekira Rp 594 triliun membuat CEO Alibaba Group, Jack Ma, dan keluarganya menjadi orang terkaya di Tiongkok sepanjang 2018.

Hurun China Rich List, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, menyebut bahwa harta kekayaan keluarga pendiri raksasa perdagangan elektronik atau e-commerce Alibaba itu telah mengalahkan kepemilikan harta penerus CEO Evergrande, Xu Jianyin, yang berkurang 40 miliar RMB sehingga tinggal 250 miliar RMB.

Sementara CEO Tencent Ma Huateng menduduki peringkat ketiga versi Hurun tersebut dengan nilai kekayaan 240 miliar RMB. Peringkat keempat ditempati perempuan terkaya di Tiongkok yang menjabat Wakil CEO Country Garden, Yang Huiyan, dengan nilai kekayaan 150 miliar RMB, seperti dilaporkan CRI, radio resmi pemerintah Tiongkok, Kamis 11 Oktober 2018.

Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, dan CEO Amer International Group, Wang Wenyin, yang masing-masing mencapai 110 miliar RMB, harus puas bertengger di posisi ke-10.

E-commerce, teknologi layanan keuangan dan industri layanan internet terbukti sebagai sektor yang mendominasi nilai kekayaan di Tiongkok. Pasalnya, tiga besar daftar orang terkaya itu adalah perintis sekaligus pelaku sektor tersebut.

Tiga pelaku usaha sektor properti di Tiongkok, yakni Xu Jiayin, Yang Huiyan, dan CEO Dalian Wanda Group, Wang Jianlin, hanya masuk pada jajaran 10 besar daftar orang terkaya.

Orang terkaya di Tiongkok berusia 32 hingga 76 tahun. Yan Hao yang duduk di jajaran direksi Pacific Construction Group, merupakan yang paling muda dalam daftar orang terkaya di daratan Tiongkok itu, sedangkan pendiri Media Group, He Xiangjian, sebagai yang tertua. (Fani Ferdiansyah)***

Bagikan: