Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28 ° C

Sosok Penting Para Pendiri Alibaba Selain Jack Ma

BARU-baru ini seluruh dunia digegerkan dengan pengumuman pengunduran diri Jack Ma setelah 19 tahun berkarir di Alibaba Group. Pensiun di umur 54 tahun, Jack Ma memutuskan menjadi

seorang filantropis setelah berhasil membangun perusahaan yang dimulai dari apartemen sederhananya hingga menjadi raksasa e-commerce dengan valuasi sebesar US$500 miliar.

Bersamaan dengan pengumuman itu, Daniel Zhang yang dulu menjabat sebagai CEO Taobao dan presiden direktur Tmall.com, ditunjuk sebagai suksesor Jack Ma untuk menjabat sebagai

CEO Alibaba Group.

Jack Ma adalah wajah Alibaba yang tak terlupakan dengan kharisma serta kepemimpinannya yang inspirasional. Tetapi ada pula 17 orang penting lainnya yang dahulu bersama Jack Ma

mendirikan Alibaba sejak kelahirannya di tahun 1999. 

Berdasarkan hasil riset tim iPrice, para pendiri Alibaba Group berasal dari latar belakang industri yang berbeda-beda, seperti jurnalis, pekerja bank, programmer, hingga pendidikan.

Adapun ikatan Jack Ma dengan pendiri Alibaba lainnya kebanyakan adalah bekas muridnya sendiri, teman kerjanya, teman mutual, dan juga pengusaha dengan satu visi

dan sepemikiran.

Di antara total 18 pendiri Alibaba Group tersebut, terdapat tiga pasangan menikah yakni Jack Ma dengan Cathy Zhang, Toto Sun dengan Lucy Peng, dan Shi Yu Feng dengan Jin Yuan

Ying.

Selain itu, terdapat juga enam perempuan yang kini menjabat posisi manajemen atas, seperti Lucy Peng yang baru-baru ini ditunjuk sebagai CEO Lazada pada Maret 2018 lalu. Sedangkan banyak juga pendiri lainnya yang masih menduduki jabatan strategis di Alibaba dan perusahaan cabangnya.

Berikut jejak sejumlah pendiri Alibaba tersebut, berdasarkan hasil riset Tim iPrice:

 

1. Jack Ma



Lahir di Hangzhou, Tiongkok, pada tanggal 10 September 1964. Di tahun 1988, Jack Ma lulus dari sarjana Bahasa Inggris dari Institut Perguruan Hangzhou. Setelah itu, Jack Ma menjadi dosen Bahasa Inggris dan Perdagangan Internasional di Universitas Hangzhou Dianzi.

Seiring waktu, ia pun mulai terjun di dunia bisnis dan mendirikan China Yellow Pages, perusahaan internet pertama di Tiongkok. Jack Ma juga memimpin perusahaan informasi dan teknologi untuk Kementerian Perdagangan Asing di Tiongkok.

Di tahun 1999, Jack Ma mengadakan perkumpulan dengan 17 co-founder lainnya untuk mengembangkan bisnis e-commerce yang kini bernama Alibaba Group.

Jack Ma menjabat sebagai Executive Chairman Alibaba Group dengan kini memiliki 617 juta pengguna mobile bulanan dan 552 juta pengguna aktif di Tiongkok (Tmall dan Taobao). 

Di usia 54 tahun, Jack Ma mengumumkan rencana pensiunnya dari Alibaba Group di satu tahun ke depan untuk lebih fokus pada beramal dan pendidikan, dan menunjuk Daniel Zhang sebagai penggantinya.



2. Jin Jianhang



Jin Jianhang adalah murid berbakat lulusan Fudan Journalisn School dan telah bekerja di beberapa perusahaan media Tiongkok seperti Zhejiang Daily dan International Business Daily.

Pertemuan pertamanya dengan Jack Ma adalah saat beliau mewawancarai Jack Ma saat masih di China Yellow Pages. Sebagai jurnalis bisnis, Jin selalu menganggap Jack Ma adalah orang yang selalu membangun koneksi.

Saat Jack Ma bekerja di Kementerian Perdagangan Asing dan Kooperasi Ekonomi (MOFTEC) EDI Center, yang sekarang dikenal sebagai Kementerian Perdagangan Republik Rakyat China, beliau merekomendasikan Jin sebagai Kepala Redaktur Eksekutif.

Di tahun 1999, Jin Jianhang adalah salah satu teman terpercaya Jack Ma untuk menginisiasi Alibaba Group bersama.

 

3. Joseph Tsai



Joseph Tsai adalah seorang sarjana ekonomi dan studi Asia Timur dan sarjana hukum. Sebelum bertemu Jack Ma, Tsai bekerja sebagai pekerja bank investasi dengan penghasilan 700 ribu dolar per tahun.

Terinspirasi dengan kharisma dan ide Jack Ma mengenai Alibaba, Tsai rela keluar dari pekerjaan bergengsinya dan bergabung dengan Alibaba di tahun 1999 meski diupahi 50 dolar per bulan.

Kini, Joseph Tsai memegang jabatan Vice Executive Chairman dan co-founder Alibaba Group. Beliau juga pemegang shareholder individual terbesar kedua setelah Jack Ma.

 

4. Lucy Peng



Memiliki perjalanan hidup seperti Jack Ma, Lucy Peng memulai karirnya sebagai dosen di Universitas Keuangan dan Ekonomi Zhejiang. Beliau menikah dengan Toto Sun di tahun 1997.

Lucy Peng berhenti bekerja sebagai dosen di tahun 1999 dan mengikuti jejak suaminya untuk membentuk Alibaba.

Baru-baru ini, Lucy Peng ditunjuk sebagai CEO Lazada setelah Alibaba mengucurkan Rp 27,5 triliun ke perusahaan marketplace yang berpusat di Singapore tersebut.

 

5. Cathy Zang



Cathy Zang pertama kali bertemu Jack Ma saat mereka masih bersekolah di Institut Perguruan Hangzhou. Cathy Zang dan Jack Ma kemudian menikah tidak lama setelah mereka wisuda.

Di tahun 1999, Jack Ma mengajak Cathy Zang bergabung membentuk Alibaba dengan co-founder lainnya dan mulai bekerja sama dengan satu visi.

Cathy Zang mulanya berada di posisi manajemen Alibaba dan kemudian memutuskan untuk melepas karirnya dengan keluarga.



 

6. Eddie Wu



Eddie Wu adalah seorang sarjana Ilmu Komputer dari Universitas Teknologi Zheijang di tahun 1996 dan bekerja di China Yellow Pages yang kemudian membawanya bertemu dengan Jack ma.

Di tahun 1997, Eddie Wu mengikuti jejak Jack Ma ke Beijing dan membantunya dengan mengembangkan situsweb MOFTEC.

Akibat kesetiannya itulah, Eddie Wu pun bergabung dengan misi Jack Ma membangun Alibaba Group dan menjadi programmer pertama Alibaba.

 

7. James Sheng



James Sheng memulai portofolionya dengan mempelajari seni tradisional saat masih muda. Hingga akhirnya James Sheng berganti haluan seni komersial dan memulai karirnya sebagai desainer. James Sheng mulai berkenalan dengan Jack Ma saat perusahaannya saat itu ditunjuk untuk mendesain situsweb China Yellow Pages.

James Sheng turut bergabung pada perkumpulan Jack Ma di apartmentnya yang kemudian menjadi salah satu 18 pendiri Alibaba di tahun 1999.

Kini, James Sheng dikenal sebagai orang dibalik logo senyuman Alibaba dan Senior Vice President Alibaba Group.

 

8. Lou Wensheng



Lou dan Jack Ma kuliah di universitas yang sama, Institut Perguruan Hangzhou. Seiring waktu, Lou Wensheng menjadi salah satu pendukung setia Jack Ma.

Hal menariknya, Lou Wensheng langsung memutuskan bergabung China Yellow Pages setelah melihat Jack Ma di sebuah dokumenter televisi di tahun 1995.

 

9. Simon Xie



Simon Xie adalah lulusan Manajemen Keuangan di Universitas Teknologi Shenyang dan kemudian bekerja di China National Air Separation Engineering Co., Ltd. Ketertarikannya dengan komputer, Simon Xie mempelajari ilmu-ilmu dasar informasi dan teknologi dan mengaplikasikannya pada pekerjaan.

Di tahun 1995, Simon Xie berkesempatan untuk bertemu Jack Ma saat beliau masih di China Yellow Pages. Tersihir dengan aura unik Jack Ma, beliau memutuskan untuk mengikuti jejak Jack Ma.

Simon Xie dan Jack Ma semenjak itu menjadi teman akrab, hingga Simon pun akhirnya keluar dari pekerjaannya di bidang keuangan. Simon mengikuti Jack Ma ke Beijing untuk bekerja di MOFTEC hingga akhirnya bergabung di Alibaba.



 

10. Jin Yuanying



Jin adalah salah satu murid Jack Ma saat beliau masih menjadi dosen di Universitas Hangzhou Dianzi, yang kemudian bergabung Alibaba Group setelah didorong oleh dua pendiri lainnya, Jane Jiang dan Han Min.

 

11. Zhou Yuehong



Zhou adalah seorang arsitek Java, beliau bertemu dengan Jack Ma pertama kali di Universitas Hangzhou Dianzi. Dengan kemampuan berbakatnya di teknologi, Zhou Yuehong adalah orang dibalik pengembangan kode inti kerangka MVC – webX untuk Taobao di tahun-tahun pertama.

 

12. Shi Yufeng



Di tahun 1999, Shi Yufeng bekerja di Pusat Biro Cuaca. Menariknya, beliau juga memiliki kompetensi di bidang teknologi yang membuatnya turut bergabung Alibaba.

Pada saat itu, Shi Yufeng adalah orang yang cukup eksis di dunia maya berkat ketertarikannya pada teknologi. Eddie Wu, salah satu pendiri Alibaba lainnya mengenalkan Shi Yufeng dengan Jack Ma di sebuah restoran di Beijing. Tertarik dengan gagasan dan ide Jack Ma tentang Alibaba membuat Shi Yufeng pada akhirnya turut bergabung dalam tim co-founding Alibaba.

Bagikan: