Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.3 ° C

Pesaing Obama dalam Pilpres 2008, John McCain Tutup Usia pada 81 Tahun

Ari Nursanti

ARIZONA, (PR).- Senator Amerika Serikat John McCain, yang dua kali pernah mencalokan diri sebagai Presiden AS, sekaligus pengkritik Donal Trump, meninggal dunia pada Sabtu 25 Agustus 2018 pukul 04:28 waktu setempat. Ia meninggal di kediamannya di Negara Bagian Arizona. McCain tutup usia pada 81 tahun.

Dikutip dari Reuters, McCain yang juga merupakan mantan tawanan perang di Vietnam itu, menderita glioblastoma, kanker otak yang agresif, yang ditemukan oleh dokternya pada Juli 2017. Dia juga pernah menjalani operasi infeksi usus di April tahun ini. Pada Jumat keluarganya mengumumkan bahwa McCain mengentikan pengobatan kankernya lebih lanjut. 

"Hati saya hancur. Saya sangat beruntung telah menjalani hidup petualangan bersama orang tercinta yang sangat luar biasa ini selama 38 tahun," tulis Cindy McCain di akun Twitternya. 

McCain telah mengabdi kepada Amerika Serikat dengan setia selama 60 tahun. McCain telah dikenal publik sejak 1960-an, ketika sebagai penerbang Angkatan Laut, pesawatnya ditembak jatuh saat Perang Vietnam dan disiksa orang komunis Vietnam Utara selama 5,5 tahun sebagai tahanan.

Ia dikalahkan oleh George W. Bush untuk pencalonan presiden Partai Republik pada 2000, tapi menjadi calon partainya untuk menghuni Gedung Putih delapan tahun kemudian. Setelah bersaing di dunia politik bersama Sarah Palin sebagai calon wakil presidennya, McCain kalah pada 2008 dari calon Partai Demokrat Barack Obama, warga kulit hitam pertama yang menjadi presiden AS.***

Bagikan: