Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Hujan petir singkat, 22 ° C

Ini Perincian Harta yang Disita dari Najib Razak

Huminca Sinaga
MANTAN perdana menteri Malaysia Najib Razak berbicara kepada Reuters selama wawancara di Langkawi, Malaysia, 19 Juni 2018.*
MANTAN perdana menteri Malaysia Najib Razak berbicara kepada Reuters selama wawancara di Langkawi, Malaysia, 19 Juni 2018.*

KUALA LUMPUR, (PR).- Pemerintah Malaysia mengumumkan nilai harta Najib Razak yang selama ini telah disita sejak mantan PM Malaysia itu kalah dalam pemilu Mei lalu. Harta Najib disita karena otoritas berwenang meyakini harta tersebut diperoleh lewat korupsi, termasuk kasus penyelewengan dana 1MDB.

Dilansir laman The Guardian, Rabu 27 Juni 2018, polisi Malaysia telah menyita barang-barang perhiasan, tas tangan, dan arloji senilai hingga 273 juta dolar AS dalam serangkaian penggerebekan di rumah-rumah mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Komisaris Polisi, Amar Singh, menegaskan bahwa mereka melakukan penggerebekan terhadap enam properti terkait dengan Najib dan istrinya Rosmah Mansor, sebagai bagian dari investigasi 1MDB. Polisi menyita harta berupa barang-barang mahal, termasuk 1.400 kalung, 567 tas tangan, 423 jam tangan, 2.200 cincin , 1.600 bros, dan 14 tiara.

Kapan Najib Razak ditangkap?



Perangsekan terhadap properti Najib Razak adalah bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung tentang perannya dalam skandal 1MDB di mana miliaran dolar AS digelapkan dari dana pemerintah dan dikeluarkan secara curang. 

Uang 681 juta dolar AS 1MDB masuk ke rekening bank pribadi Najib, di mana diduga digunakan untuk membiayai kebiasaan belanja mewah Najib dan istrinya. Dia membantah bertanggung jawab atas skandal itu.

Najib dibebaskan dari semua kesalahan ketika ia menjadi perdana menteri dalam penyelidikan yang secara luas dilihat sebagai penutup. Namun, karena ia kehilangan kekuasaan pada Mei 2018 lalu, pemerintah baru, yang dipimpin oleh perdana menteri berusia 92 tahun Mahathir Mohamad mengumumkan bahwa penyelidikan kasus 1MDB menjadi prioritas pemerintahannya untuk dituntaskan.

Masih dilansir The Guardian, Mahathir mengatakan pekan lalu menyebutkan bahwa mereka memiliki hampir "kasus sempurna" terhadap Najib dengan dakwaan seperti suap, pencurian dana pemerintah, dan penggelapan. 

Diperkirakan, penangkapan Najib sudah dekat. Kemungkinan dalam hitungan minggu, Najib akan segera ditangkap.

Jumlah yang besar dari perhiasan yang disita dalam perangsekan itu juga menempatkan sorotan lebih jauh pada peran Rosmah (istri Najib) di 1MDB. Dia telah membantah memberikan tekanan pada Najib untuk memberikan dana untuk gaya hidup mewahnya.

Meski demikian, profil di Wall Street Journal pekan ini mengklaim bahwa "mengejar perangkap kekayaan memainkan peran penting dalam mendorong pemerintahan Najib terjerumus dalam kasus suap dan korupsi dengan nilai yang fantastis."

Laporan Wall Street Journal menuduh bahwa Rosmah adalah orang yang mengatur koneksi ke Jho Low, pengusaha Malaysia yang juga menjadi aktor penggelapan 1MDB. Rosmah juga dituding memimpin upaya untuk memblokir investigasi 1MDB. Namun, Rosmah telah berulang kali menyangkal klaim ini.

Mahathir mengatakan, minggu ini sulit untuk membuktikan keterlibatan Rosmah karena tak ada tanda tangannya di semuua dokumen 1MDB. Namun untuk Najib, membuktikan sang mantan PM melakukan korupsi mudah lantaran banyak buktinya.***

Bagikan: