Pikiran Rakyat
USD Jual 13.986,00 Beli 14.084,00 | Umumnya cerah, 33 ° C

Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara Akibat Berburu Hewan Langka

Huminca Sinaga

NEW DELHI, (PR).- Superstar Bollywood, Salman Khan (52), divonis bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena berburu kijang langka India yang juga dinamakan blackbuck. Seperti dilansir laman The Guardian, Pengadilan Jodhpur di negara bagian Rajasthan pada Kamis 5 April 2018 menetapkan Khan, salah satu aktor bayaran terbaik di dunia, bersalah karena secara ilegal memburu dua blackbuck.

Berdasarkan putusan hakim, ia membunuh dari jendela mobilnya saat syuting di Jodhpur pada 1998. Jaksa penuntut umum menuduh bahwa Khan dan empat aktor lain di dalam mobil bersamanya melarikan diri ketika mereka terlihat, meninggalkan bangkai binatang di belakang.



Aktor-aktor lain, di antaranya Saif Ali Khan dan Sonali Bendre, dibebaskan oleh pengadilan di Jodhpur karena kurang bukti. India ketat dalam menerapkan aturan soal perlindungan satwa liar. Dalam hal ini negeri Mahabarata tersebut melarang perburuan semua hewan liar.



Selain hukuman penjara selama lima tahun, pengadilan juga mendenda Khan 10.000 rupee atau senilai Rp2,1 juta. Para pengacaranya mengatakan mereka akan mengajukan banding atas kasus tersebut. Juga persidangan darurat yang mendesak telah dijadwalkan pukul 10.30 pagi pada hari Jumat 6 April 2018.



Khan sendiri setelah vonis dibacakan, langsung dibawa ke penjara pusat Jodhpur setelah mengunjungi rumah sakit setempat untuk pemeriksaan medis.



Ratusan polisi telah mengepung ruang sidang di Jodhpur untuk mencegah para penggemar mendekati Khan, yang selama ini dikenal sering berperan sebagaai pria macho.

Merasa dijebak



Terkait kasusnya ini, Salman Khan telah lama menyatakan bahwa dia dijebak oleh para pejabat kehutanan "untuk publisitas". Pihaknya pun berargumen blackbuck (sejenis kijang) bisa mati karena sebab alami seperti makan berlebihan.



Pengacara Khan, Anand Desai, mengatakan dalam sebuah pernyataan dia terkejut oleh putusan karena fakta-fakta dari kasus tersebut mencerminkan bahwa pengadilan tinggi Rajasthan telah mengandalkan untuk menangguhkan keyakinan kliennya atas kejahatan yang sama pada tahun 2007.



Dia juga mempertanyakan mengapa terdakwa lainnya dibiarkan bebas, yang katanya tersirat "bahwa Salman sedang keluar berburu sendirian di tengah malam di daerah terpencil di luar Jodhpur".



Pada saat perburuan, blackbuck dianggap sebagai hewan yang rentan, tetapi sejak itu telah direklasifikasi sebagai spesies yang paling tidak diperhatikan, meskipun mereka tetap dilindungi oleh peraturan satwa liar India.



Salman Khan sebelumnya memiliki sejumlah kasus hukum, tetapi tak  pernah dipenjara. Pada 2015, ia dibebaskan dari pembunuhan seorang pria tunawisma dalam insiden tabrak lari pada tahun 2002. Keputusan yang sekarang ditantang di Mahkamah Agung.



Mantan pacarnya, aktris Aishwarya Rai, menuduh Khan melakukan pelecehan verbal dan fisik dalam sebuah wawancara tahun 2002 – tuduhan yang dibantah Khan.



Khan pertama kali ditangkap dalam kasus perburuan gelap pada Oktober 1998 setelah muncul laporan bahwa ia telah memburu dua blackbuck dan setidaknya tiga rusa lainnya.***

Bagikan: