Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 26.3 ° C

Hal-hal Menarik dari Kehidupan Bapak Filantropi Modern George Peabody

GOOGLE doodle hari ini kembali memperlihatkan rasa hormatnya kepada sosok berpengaruh di dunia. Kali ini, sosok tersebut adalah George Peabody.

George Peabody merupakan seorang pebisnis sukses dan bankir asal Columbus, Georgia Barat, yang lahir dari pasangan Elvira Canfield dan George Henry Peabody. Selain pebisnis sukses, ia juga adalah seorang dermawan yang kemudian dijuluki sebagai Bapak Filantropi Modern.

Di balik kesuksesan Peabody, ternyata ada fakta-fakta tentang dirinya yang jarang diketahui orang. Seperti dikutip dari buku George Foster Peabody: Banker, Philanthropist, Publicist karya Louise Ware (1951) di halaman 1 hingga 30, inilah fakta-fakta menarik tetang sang bankir:

1. Ia tidak diizinkan sekolah hingga usia 10 tahun



Tak seperti anak-anak lain yang mulai bersekolah pada usia 7 tahun, orangtua George Peabody justru tidak menyekolahkannya hingga usia 10 tahun. Hal ini dikarenakan ibunya ingin mendidik Peabody menjadi orang yang takut kepada Tuhan.

Ibu Peabody lebih fokus mengajarkan cara membaca Alkitab daripada keterampilan membaca, menulis dan menghitung. Inilah yang kemudian membuat Peabody menjadi seorang yang taat agama.

2. Ayah Peabody memberikan sebuah toko kepadanya saat ia berusia 13 tahun



Setelah perang saudara di beberapa kota di Georgia berakhir, keluarga Peabody hanya tinggal memiliki toko umumnya. Toko ini pun mengalami kerusakan parah dan kehilangan banyak barang dagangan.

Namun, ayah Peabody memutuskan untuk meneruskan bisnis tokonya itu. Ia pun pergi ke Utara untuk membeli kembali barang-barang untuk didagangkan. Selama ia pergi, ia memercayakan tokonya kepada Peabody yang kala itu baru berusia 13 tahun.

3. Peabody bekerja pertama kali pada usia 14 tahun sebagai pesuruh



Setelah toko ayahnya ditutup dan keluarganya pindah ke Brooklyn, kondisi keuangan keluarga Peabody semakin memburuk. Apalagi ditambah ayahnya yang sakit-sakitan dan hanya bisa kerja sambilan.

Untuk membantu keluarganya, Peabody pun memutuskan untuk bekerja saat berusia 14 tahun. Ia bekerja sebagai pesuruh di sebuah perusahaan komisi barang kering.

4. Peabody sempat mengalami cinta bertepuk sebelah tangan



Saat masih muda, George Peabody bertemu dengan seorang wanita yang memikat hatinya, Kate Nichols. Namun, wanita itu berasal dari keluarga berada dan disukai oleh banyak pria.

Salah satu pria yang juga mengagumi Kate adalah Spencer Trask, sahabatnya sendiri. Dalam persaingan untuk mendapatkan Kate ini, Peabody pun kalah karena Kate lebih memilih untuk menikahi Trask.

Pernikahan Kate dan Trask kemudian menjadi awal dari merenggangnya persahabatan Trask dan bapak filantropis modern ini.

Namun, kerenggangan hubungan mereka ini tidak bertahan lama. Ia dan Trask pun kembali bersahabat ketika ia diundang makan malam ke rumah baru Trask dan istrinya.

5. Ia menikahi mantan istri sahabatnya sendiri di usia 69 tahun



Setelah sebuah kecelakaan kereta api merenggut nyawa Spencer Trask pada tahun 1909, Katrina Trask pun harus berjuang sendiri melanjutkan hidupnya. Sementara keempat anaknya meninggal saat mereka masih kecil.

Peristiwa ini membuat kondisi kesehatan Katrina semakin menurun di mana ia mengalami beberapa serangan jantung.

Namun, cinta George Peabody kepadanya ternyata masih bertahan hingga ia tua. Peabody yang masih sendiri pun memutuskan untuk menikahi janda temannya itu pada tahun 1921. Ia menikah saat usianya sudah 69 tahun.

6. Pernikahan Peabody hanya bertahan setahun saja



Setelah menikahi wanita yang dicintainya, Peabody pun harus merasakan duka karena di tahun 1922 istrinya meninggal karena sebuah penyakit. Katrina meninggal sebelum usia pernikahan keduanya menginjak satu tahun.

7. Peabody menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk tujuan kemanusiaan



Setelah menjadi seorang pemodal dan pebisnis sukses, George Peabody menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk gereja, sekolah serta gerakan kemanusiaan lain. (Annisa Fauziah)***

Bagikan: