Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 30.6 ° C

Selamatkan Rusa, Anjing ini Jadi Pahlawan

"ANJING baik, Storm!", ucap seorang pria dalam video tersebut, ia memanggil seekor golden retriever yang berenang menuju benda kecoklatan yang terapung-apung di pantai Port Jefferson Harbor di Long Island. Dengan moncongnya, anjing itu kemudian membawanya ke tepi. Video tersebut dilihat 5,2 juta penonton Facebook sejak hari minggu lalu.

Benda kecoklatan itu adalah seekor rusa betina. Terbaring, hidup tapi hampir tidak bergerak.

Storm dengan lembut menyenggol perut si rusa. Meski rusa itu hampir tidak merespons. Anjing itu mengguncangnya lagi. Tidak ada respon. Dia mengambil kayu kecil. Kemudian video berakhir.

Cuplikan video tersebut telah membuat Storm sebagai tokoh media social dan Storm bahkan ditawarkan untuk tampil disebuah talk show TV.

Mr. Freeley, yang merekam momen tersebut dengan ponselnya saat berjalan-jalan dengan Storm dan anjingnya yang lain berkata, "Dia anjing paling lembut dan murah hati yang Anda temui."

Mr Freeley, yang juga memiliki rumah khusus penyelamatan anjing dan hewan setemat mengatakan bahwa Storm menangkap rusa di lehernya, persis seperti yang penjaga pantai lakukan. Kemudan dia menyeretnya ke darat.”

Dalam video tersebut, Storm menjilati leher rusa itu. "Sangat menyentuh," komentar Mr. Freeley. "Ini menunjukkan bahwa dia benar-benar peduli dan khawatir dengan rusa itu."

Mr Freeley kemudian pergi untuk mendapatkan bantuan. Dia memanggil komunitas Strong Island Animal Rescue League. Frank Floridia, yang mengelola organisasi tersebut, tiba dengan kalung anjing dan jaring.

Saat regu penyelamat tiba, rusa tersebut bangun dan berlari lagi ke air. Para penyelamat kemudian mulai berenang dan menyeret rusa itu kembali ke tepi pantai.

Mulai stabil



Rusa berekor putih berusia 3 bulan itu memiliki luka aneh di kepalanya dan satu matanya tertutup, kata Mr Floridia dan rekannya, Erica Kutzing. Ia membawa rusa tersebut ke Save the Animals Rescue Foundation di Middle Island, New York. Rusa tersebut kemudian kondsinya mulai stabil pada Selasa malam, kata Lori Ketcham. Rusa itu diobati dengan antibiotik dan minum susu kambing dari mangkuk.



Banyak rusa yang dibawa ke penyelamatan hewan, kata Ms Ketcham. Ada yang terluka karena anjing. "Saya pikir anjing itu melakukan hal yang sangat baik, tapi saya sangat realistis dengan apa yang anjing lakukan - anjing cenderung mengunyah rusa kecil ini," katanya.

Rusa betina ini akhirnya akan kembali ke alam liar. Tapi ia harus pulih dulu dari banyak penyakit, termasuk emfisema karena gelembung udara terjebak di bawah kulitnya, membuatnya merasa seperti "Bubble Wrap," kata Ms Ketcham. Penyakitnya bisa disebabkan oleh trauma.

Digigit moncong anjing, meski bermaksud menyelamatkan, bisa dianggap traumatis. Kata Ms Ketcham. Tapi jatuhnya dari tebing berpasir juga bisa membuatnya trauma. Para peneliti membuat teori tentang bagaimana rusa itu bisa tenggelam.

"Ini adalah hal yang luar biasa bahwa anjing tersebut menyelamatkan rusa," kata Ketcham.

Karakter Storm membuktikan anjing-anjing asuh Mr. Freeley yang telah ia urus selama satu bulan terakhir. "Mereka menyiksa anjing malang ini," kata Mr. Freeley. "Dan dia tidak melakukan apapun."

“Kelinci keluarga Freeley, Speedo, sering tidur di punggung Storm. Meski Storm terus menolak melakukan permainan lempar tangkap,” kata Mr. Freeley, “anjing itu sepertinya tahu bahwa taruhannya tinggi untuk menarik rusa itu dari air.”

Storm memang seorang pahlawan! (Azka Faza)***

Bagikan: