Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Foto-foto Menakjubkan dari Pesawat Luar Angkasa Cassini yang Mengorbit Saturnus

SATU dekade lamanya pesawat luar angkasa Cassini milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengitari Saturnus. Cassini diluncurkan pada 15 Oktober 1997 dan berhasil memasuki orbit Saturnus pada 1 Juli 2004. 

Cassini menjelajahi ruang di antara atmosfer Saturnus yang dipenuhi hidrogen-helium dan cincinnya yang terkenal itu. Reuters melaporkan, Cassini akan memasuki ruang yang belum terjamah untuk pertama kalinya dalam sejarah, Rabu 26 April 2017 ini. Akan ada 22 upaya percobaan penjelajahan di area itu.

Pesawat luar angkasa Cassini adalah wahana yang dirancang khusus untuk mempelajari Saturnus dan satelit alaminya. Cassini diambil dari nama astronom Italia-Prancis Giovanni Domenico Cassini.

Pesawat tanpa awak ini telah mengumpulkan banyak informasi terkait planet bercincin ini dan satelit alaminya, Titan. Sudah banyak pula citra atau foto-foto yang diambil selama masa peredarannya tersebut. Berikut beberapa foto yang diambil Cassini yang menggambarkan Saturnus dari dekat. Foto-foto in diambil dari situs resmi NASA.

Satelit Saturnus, Titan difoto dengan infra merah.

***

Bagikan: