Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Sebagian cerah, 29.1 ° C

Negara Bagian Penentang Aturan Imigrasi Trump Bertambah

Huminca Sinaga
WASHINGTON, (PR).- Jumlah negara bagian di AS yang menolak menerapkan perintah eksekuif Donald Trump soal imigrasi terus bertambah. Setelah Hawaii dan Maryland, Washington juga ikut menolak menerapkan aturan imigrasi yang telah direvisi tersebut. Dalam aturan hasil revisi, jumlah negara yang warga negaranya dilarang masuk ke AS selama 90 hari mendatang , menjadi enam negara, (Sudan, Somalia, Iran, Suriah, Yaman dan Libia). Dalam daftar sebelumnya ada tujuh negara termasuk Irak.

Namun Trump telah mengeluarkan Irak dari daftar tersebut dengan alasan Irak sangat berperan dalam membantu memerangi ISIS. Seperti dilaporkan laman NBC News, Jumat, 17 Maret 2017, hakim federal yang berdinas di kota Seattle, Negara Bagian Washington, James Robart, kembali menolak menerapkan aturan imigrasi versi revisi tersebut.

Sebelum Robart, hakim federal pertama yang menentang kebijakan Trump tersebut adalah hakim dari Hawaii, Derrick Watson. Aksi Watson ini membuat kebijakan Trump yang seharusnya mulai diberlakukan pada Kamis tengah malam waktu setempat, akhirnya batal. Selain Hawaii dan Washington, hakim di Maryland juga melakukan langkah serupa.

Dengan adanya penentangan dari hakim di tiga negara bagian tersebut, aturan baru Trump tersebut pun kembali dibekukan, terhitung mulai Kamis, 16 Maret 2017.

Seperti dilaporkan BBC, ketetapan baru Presiden Trump terkait larangan perjalanan terhadap enam negara mayoritas berpenduduk Muslim kembali mendapat hadangan setelah seorang hakim federal di Hawai memblokirnya, beberapa jam sebelum ketetapan itu dijawalkan berlaku pada Kamis tengah malam waktu setempat.***
Bagikan: