Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

Pidato Rasialis Ben Carson Dikecam Netizen

WASHINGTON, (PR).- Menteri Perumahan dan Pembangunan Kota Amerika Serikat, Ben Carson nampaknya mengalami minggu yang cukup berat. Pidatonya Senin 6 Maret 2017 menuai reaksi banyak pihak. Ia menyebut bahwa budak Afrika adalah imigran. 

"Para imigran yang datang ke Amerika, duduk di bawah kapal budak, bekerja lebih lama, lebih keras dengan hasil yang sedikit. Tapi mereka terlalu bermimpi bahwa anak dan cucunya akan mendapatkan kebahagiaan di tanah ini,” ucap Carson dalam pidatonya.

Dilansir New York Times, Carson mengatakan bahwa imigran tersebut merupakan budak setelah melihat foto-foto dari imigran yang terpampang di Ellis Island National Museum of Immigration. “Pendatang-pendatang tersebut bekerja dalam waktu yang lama, enam hingga tujuh hari per minggu,” katanya.

Netizen ramai memberikan komentar lewat sosial media terutama. Tak sedikit yang memberikan komentar tidak setuju dan cenderung satir mengenai ucapan dari Carson tak terkecuali beberapa pegiat dunia hiburan seperti Whoopi Goldberg. Komedian dan aktris tersebut ikut memberikan komentar  mengenai hal tersebut. 

"Ben Carson... baca atau tontonlah 'Roots'. Banyak imigran datang kemari secara suk rela. Bagaimana hal tersebut bisa disamakan dengan budak?" tulisnya.

"Pidato Carson mengingatkan kita bahwa tidak harus menjadi pintar untuk menjadi seorang dokter," tulis salah seorang pengguna Twitter yang menyinggung latar belakang Carson yang memang dokter. Netizen juga memberikan tagar #IAmAlreadyHome pada kicauan yang mereka tuliskan.

Trump mengumumkan pengangkatan Ben Carson sebagai Menteri Perumahan dan Pembangunan Kota pada 5 Desember 2016 lalu. Ben Carson sendiri merupakan seorang dokter kulit hitam pertama AS yang berhasil menjadi dokter bedah otak. Carson merasa bahwa jabatan tersebut tidak cocok dengan latar belakangnya sebagai dokter. Namun, Trump mengatakan bahwa pengalaman masa kecil Carson yang tinggal lingkungan miskin di Detroit cukup menjadi modal bagi Carson untuk menjabat sebagai Menteri Perumahan dan Pembangunan Kota AS. (Rina Siti Rahayu)***

Bagikan: