Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Cerah berawan, 21.7 ° C

​Clinton Berpeluang 88% Menangi Pilpres AS 2016

Huminca Sinaga
WASHINGTON, (PR).- Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, masih unggul atas rival utamanya, capres Partai Republik, Donald Trump, dengan 12 poin. Hal ini terungkap dalam jajak pendapat terbaru yang dilakukan Reuters/Ipsos, yang menunjukkan bahwa 45 persen mendukung Clinton, sedangkan Trump hanya mendapat 33 persen. Sejak konvensi nasional digelar Juli lalu, hasil sigi selalu mengunggulkan Clinton.

Hal ini membuat banyak kalangan yakin, Clinton akan memenangi pilpres AS November mendatang. Ini artinya, Clinton akan menjadi presiden perempuan pertama di AS.

Besarnya peluang Clinton mengalahkan Trump juga terungkap dalam laporan New York Times (NYT) , Kamis 25 Agustus 2016. Koran ternama di AS tersebut menyajikan sebuah model hasil pilpres yang didasarkan pada hasil sejumlah polling nasional.

Dalam model tersebut, NYT menuliskan bahwa Clinton punya peluang 88 persen memenangi pilpres November 2016 mendatang. Sementara peluang Trump hanya 12 persen. Selain mengambil data hasil sejumlah sigi tingkat nasional, NYT juga menggunakan data hasil pilpres Partai Demokrat dan Republik tahun 2004, 2009, dan 2014.

Berdasarkan pengamatan "PR", model yang disajikan NYT cukup rumit dan untuk memahaminya perlu pengetahuan statistik. Yang jelas, hasil kalkulasi lewat model tersebut menyimpulkan bahwa peluang Clinton menjadi presiden AS lebih besar ketimbang peluang Trump.

Awal bulan ini, jajak pendapat nasional yang digelar CNN juga mengunggulkan Clinton. Dalam hal ini, Clinton meraih 52 persen, sedangkan rivalnya mendapatkan 43 persen. Hasil ini merupakan peningkatan yang signifikan dan positif bagi kampanye Clinton sejak Mei 2016 lalu.

Para responden yang mendukung Clinton menyatakan bahwa penampilan mantan menlu AS yang brilian dalam konvensi nasional di Philadelphia telah membuat mereka mantap untuk memilihnya sebagai presiden perempuan pertama AS.***
Bagikan: