Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian cerah, 19.6 ° C

Harapan Baru Penderita Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukkan, ada obat yang dapat memperlambat kematian otak dan mempertahankan fungsi mental penderita alzheimer.

Pengembangan obat tersebut menjadi tantangan terbesar dunia medis. Pertanyaan besar masih tersisa karena obat yang bernama LMTX ini hanya berfungsi untuk pasien yang tidak mengonsumsi obat demensia lainnya.

Data 891 pasien ditunjukkan dalam Konferensi Asosiasi Internasional Alzheimer di Toronto. Secara garis besar, percobaan pengobatan yang dilakukan pada pasien selama 15 bulan menunjukkan kegagalan. Tidak ada efek yang ditunjukkan oleh konsumsi LMTX.

Namun, analisis terhadap 15% pasien yang tidak pernah mengonsumsi obat lainnya, menunjukkan hasil yang berbeda. Manfaat dari LMTX muncul dalam analisis ini. Dalam analisis tersebut, hasil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir pasien meningkat dan hasil scan MRI juga menunjukkan kematian sel otak berkurang.

Sayangnya, pasien yang mendapatkan manfaat dari obat tersebut masih terlalu sedikit. Bahkan, perusahaan yang memproduksi LMTX, TauRX pun tidak dapat menjelaskan mengapa obat tersebut hanya berfungsi untuk pasien yang tidak mengonsumsi obat demensia lainnya.

Penelitian ini sangat dinantikan karena ini adalah obat yang dapat mencegah salah satu penyakit dengan pasien terbanyak. Meski hasil yang ditunjukkan masih mengecewakan, penelitian ini merupakan kemajuan yang besar untuk dunia medis. (Adinda Alsya Denissa)***
Bagikan: