Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.9 ° C

Minuman Beralkohol Tingkatkan Risiko Tujuh Kanker Berbahaya

WELLINGTON, (PR).- Penelitian terbaru yang diterbitkan 21 Juli di Journal Addiction menunjukan bahwa minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko tujuh kanker berbahaya. Kanker yang dimaksud, yakni orofaring, laring, esofagus, hati, usus besar, rektum dan kanker payudara.

Hubungan antara alkohol dan kanker sebenarnya bukanlah hal yang baru, dengan penelitian selama satu dekade terakhir dan meliputi data yang dihimpun dari World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, Global Burden of Disease Alkohol Group dan badan-badan lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Jennie Connor dari University of Otago di Selandia Baru, studi ini menemukan bahwa, bukan hanya untuk peminum berat saja yang berisiko terkena kanker, bahkan untuk peminum ringan sekalipun sangat berisiko
terkena kanker. Menurut data, alkohol bertanggung jawab atas 5,8 persen dari kematian akibat kanker pada tahun 2012, atau sekitar 500.000 orang.

Hubungan antara kanker dan alkohol ini diperkuat oleh penurunan yang sesuai pada risiko kanker ketika konsumsi alkohol berkurang. Dan risiko kanker meningkat bila konsumsi alkohol dibarengi dengan rokok.

Jana Witt dari Cancer Research UK mengungkapkan bahwa sembilan dari sepuluh irang tidak menyadari hubungan antara alkohol dan kanker ini. "Ulasan ini adalah pengingat yang sebenarnya bahwa ada bukti kuat yang menghubungkan keduanya," tegasnya. (Riko Pratama)***
Bagikan: