Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

NASA Merilis Gambar Planet Mars Terbaru

Dede Suhaya
WASHINGTON DC, (PR).- NASA telah merilis citra baru Planet Mars hasil bidikan Teleskop Antariksa Hubble, foto ini memperlihatkan efek yang luar biasa dari musim yang miliki di planet merah, seperti kutub es yang terang, dan awan di atasnya dengan jelas, dilengkapi lanskap berwarna karat.

Teleskop luar angkasa Hubble mengambil citra ini pada 12 Mei, 2016, saat Mars berjarak 50 juta mil dari Bumi. Gambar ini memiliki detail sekecil 20 sampai 30 mil.

Wilayah gelap yang besar di kanan adalah Syrtis Major Planitia, salah satu fitur yang pertama kali diidentifikasi pada permukaan planet oleh pengamat abad ketujuh belas. Christiaan Huygens menggunakan fitur ini untuk mengukur tingkat rotasi Mars (Hari Mars adalah sekitar 24 jam dan 37 menit).

"Hari ini kita tahu bahwa Syrtis Major adalah, gunung berapi perisai purba yang tidak aktif," kata NASA, seperti dikutip Daily Mail, Jumat 20 Mei 2016.

Sebuah fitur oval besar di sebelah selatan Syrtis Major adalah cekungan Hellas Planitia yang terang. Sekitar 1.100 mil lebarnya dan hampir lima mil dalam, terbentuk sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu oleh tumbukan asteroid.

Daerah oranye di tengah gambar adalah Arabia Terra, wilayah dataran tinggi yang luas di Mars utara yang mencakup sekitar 2.800 mil.***
Bagikan: