Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Langit umumnya cerah, 23.2 ° C

NASA Ingin Menggunakan Roket Nuklir untuk Sampai ke Mars

Dede Suhaya
WASHINGTON DC, (PR).- Propulsi termal nuklir adalah cara 'yang paling efektif' untuk mengirim manusia ke Mars, menurut administrator NASA dan mantan astronot, Charles Bolden, yang membuat pernyataan tersebut ketika berbicara kepada Kongres minggu ini.

"Kami dalam perjalanan ke Mars dan kebanyakan orang percaya bahwa, pada akhirnya, propulsi termal nuklir akan menjadi bentuk propulsi yang paling efektif untuk sampai ke sana," katanya, seperti dikutip laman Daily Mail, baru-baru ini.

Namun demikian, dia tidak memperluas rincian tentang seberapa cepat NASA berharap teknologi ini bisa membawa astronot ke Planet Mars.

NASA telah bertaruh pada pendorong nuklir ini karena bobotnya hampir setengah dari roket kimia tanpa mengurangi daya dorongnya.

Ini berarti muatan yang lebih besar dari kargo dapat diangkut pesawat ruang angkasa ini dan juga membuat perjalanan jauh lebih cepat.

Dan tidak seperti teknologi yang ada yang menggunakan berbagai lintasan, mesin nuklir juga memungkinkan pesawat ruang angkasa bermanuver di seluruh penerbangan.

Pengumuman NASA ini menyusul berita awal pekan ini bahwa Rusia berencana untuk menguji mesin nuklir pada tahun 2018, yang mengatakan teknologi nuklir dapat membantu kosmonot mencapai Mars hanya dalam waktu enam minggu.

"Sebuah unit tenaga nuklir memungkinkan untuk mencapai Mars dalam hitungan satu sampai satu setengah bulan, memberikan kemampuan untuk manuver dan akselerasi," kata Sergey Kirienko, kepala Rosatom, seuah kelompok nuklir Rusia.***
Bagikan: