Pikiran Rakyat
USD Jual 14.084,00 Beli 14.182,00 | Cerah berawan, 29.5 ° C

AS Uji Coba Roket M270A1 Dekat Perbataan Korea Selatan-Korea Utara

Huminca Sinaga
MULTIPLE Launch Rocket System.*
MULTIPLE Launch Rocket System.*
SEOUL, (PRLM).- Ada aktivitas tidak biasa di Lembah Roket di kawasan hutan belukar Cheorwon, Korea Selatan (Korsel), Rabu 9 Maret 2016. Kawasan tersebut biasanya sepi. Namun, seperti dilaporkan Reuters, kawasan tersebut berubah menjadi tempat latihan militer AS.

Brigade artileri AS membuat situasi di Cheorwon yang terletak tidak jauh dari zona demiliterisasi tersebut memanas.Tentara AS melakukan sejumlah uji coba senjata mereka di tempat sepi tersebut. Aksi AS di Cheorwon tersebut dilakukan tak lama setelah pemimpin Korut Kim Jong-un mengumumkan bahwa pihaknya sedang mengembangkan miniatur hulu ledak nuklir.

Sejumlah uji coba yang dilakukan AS tersebut di antaranya uji coba roket M270A1 buatan Lockheed Martin yang bisa memuntahkan peluru sebanyak 12 kali. Peluru-peluru tersebut bisa bergerak dengan kecepatan 64 kilometer per jam. Itu artinya, roket AS bisa menyasar kawasan Korut.

"Jika Korut meluncurkan rudal jarak jauh, yang memang mereka punya banyak, Seoul akan terkena serangan rudal tersebut," ujar pejabat militer AS di Seoul Harry Lu seperti dilaporkan Reuters.

Oleh karena itu, kata Harry, misi pasukannya di Korsel adalah memastikan rudal jarak jauh Korut tidak menghancurkan kawasan metropolitan Seoul.

"Kami akan tangkal rudal Korut sebelum menghancurkan kota Seoul," ujar Lu.

Uji coba roket yang dilakukan AS di Cheorwon semakin menambah ketegangan di Semenanjung Korea. Sebelumnya, situasi sudah panas setelah AS dan Korsel melakukan latihan militer bersama secara besar-besaran yang melibatkan 300.000 tentara Korsel dan 17.000 tentara AS. Korut mengancam AS akan menjadi target serangan nuklirnya. (Huminca/A-209)***
Bagikan: