Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

PM Israel Tolak Bertemu dengan Presiden Obama

Huminca Sinaga
PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu.*
PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu.*
WASHINGTON,(PRLM).- Hubungan Israel dan Amerika Serikat saat ini sedang tegang. Hal ini terungkap setelah sejumlah media Israel melaporkan soal penolakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan Presiden Barack Obama dalam kunjungannya akhir bulan ini. Bahkan, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (8/3/2016), yang mengutip sejumlah laporan media Israel, Netanyahu telah membatalkan kunjungan tersebut. Keputusan Netanyahu tersebut telah menyebabkan relasi kedua negara menegang.

Padahal, sebelumnya hubungan AS-Israel juga sudah diliputi tensi setelah tahun lalu kesepakatan nuklir Iran tercapai. Israel saat itu menolak sanksi terhadap negara mullah tersebut dicabut lantaran tak percaya Iran akan tunduk pada kesepakatan nuklir yang disponsori AS dan PBB tersebut.


Sementara itu, jubir Gedung Putih Ned price membantah laporan media Israel tersebut. Kepada Reuters, Price mengatakan bahwa Netanyahu batal berkunjung ke Gedung Putih lantaran jadwal kunjungan yang diminta sang PM tak bisa diakomodasi Gedung Putih.

Seperti diketahui, setelah sanksi internasional terhadap Iran resmi dicabut, Israel pundung karena Israel tak percaya Iran akan benar-benar menghilangkan program nuklirnya. Bagi Iran sendiri, dicabutnya sanksi tersebut merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Pasalnya, selama di era sanksi, perekonomian Iran hancur. Kini dengan dicabutnya sanksi, Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan bahwa negaranya memulai lembaran emas. (Huminca/A-147)***
Bagikan: