Pikiran Rakyat
USD Jual 14.034,00 Beli 14.132,00 | Berawan, 21.2 ° C

"Satelit Kontroversial" Korut Bisa Diluncurkan Lebih Dini

Dikdo Maruto
PYONGYANG, (PRLM).- Korea Utara telah memajukan tanggal kemungkinan peluncuran 'satelit' yang kontroversial menjadi sedini Minggu (7/2/2016), kata para pemerintah di kawasan itu.

Negara yang penuh rahasia itu akan meluncurkan satelit yang mengangkut roket antara tanggal 7-14 Februari 2016, kata pemerintah Jepang, menurut laporan-laporan yang masuk.

Pyongyang sebelumnya mengatakan peluncuran itu akan dilakukan antara tanggal 8-25 Februari 2016.

Pengumuman ini dikecam oleh negara-negara besar di dunia, yang mengatakan bahwa peluncuran ini merupakan kedok dari pengujian teknologi rudal balistik.

Korea Selatan sudah memperingatkan Korea Utara bahwa mereka akan 'membayar mahal' jika meneruskan rencananya meluncurkan satelit tersebut.

Menteri pertahanan Jepang mengatakan ia sudah mengeluarkan perintah untuk menembak jatuh rudal apa pun yang bisa kemungkinan jatuh di wilayah Jepang.

Korea Utara sudah mengundang banyak kecaman internasional tahun ini dengan melakukan uji bom nuklir pada tanggal 6 Januari.

Sanksi yang diberlakukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melarang negara itu melaksanakan tes nuklir ataupun rudal balistik. (bbc/A-88)***
Bagikan: