Senin, 24 Februari 2020

Kuliner Rumahan untuk Menu Makan Siang

- 9 Februari 2016, 04:07 WIB
Makan siang di mana?

MENU rumahan selalu dirindukan, apalagi untuk menu makan siang. Meski kini banyak ragam kuliner sebagai pilihan, namun kehangatan masakan rumahan tak akan pernah ditinggalkan meski kita sedang tak di rumah sekalipun.

Di restoran Pavilliun Sunda, beragam menu tradisi Sunda buhun (kuno) bisa ditemui kembali. Orang Sunda dikenal gemar menyantap sayuran segar (lalapan) berteman sambal yang menambah selera makan semakin bergairah. Aneka sambal pun hadir di tempat yang berlokasi di Jalan LLRE Martadinata No. 97 Bandung ini, seperti sambal tomat, sambal terasi, atau sambal hijau, lengkap dengan lalapannya. 

Jika ingin pilihan lain, tumisan pun dipilih sebagai teman nasi hangat nan pulen. Di tempat ini, beberapa menu klasik yang sudah jarang terlihat tersedia seperti oseng (tumis) bunga pepaya, ulukutek leunca, dan paria teri, hingga tutut rebus.

Marketing Pavilliun Sunda Karina Yulianti mengatakan, menu-menu klasik ala Sunda dihadirkan di tempatnya untuk mengajak para tamu mengenang masakan rumahan yang biasa hadir di setiap dapur masyarakat Sunda pada zamannya. Tak heran, banyak tamu yang berasal dari golongan usia menengah ke atas yang membawa serta keluarganya.

Menu andalan mereka salah satunya adalah cimplung atau perkedelnya orang Sunda. Menurut Karina, cimplung tak jauh berbeda dengan perkedel kentang namun ditambah tepung tapioka sehingga teksturnya menjadi lebih padat. Camilan yang bisa menjadi pelengkap makan besar ini sudah cukup sulit ditemukan di rumahan masyarakat Sunda masa kini.

 

 

Nuansa Jawa di Warung Suluh

 

Halaman:

Editor: Eva Nuroniatul Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X