Pikiran Rakyat
USD Jual 14.538,00 Beli 14.440,00 | Cerah berawan, 24.4 ° C

Hawe Setiawan

Thumbnail Telegram dari Bli Putu

Telegram dari Bli Putu

Kamis, 13 Des 2018 - 11:24

TELEGRAM sudah jadi masa silam. Itulah layanan pesan singkat yang dicetak dan dikirim lewat pos. Hari ini kita memakai sarana digital buat bertukar kabar, tak terkecuali pesan teks.

Thumbnail Sejak Dini

Sejak Dini

Rabu, 5 Des 2018 - 19:09

KUMPULAN cerita pendek Dua Dunia adalah salah satu warisan mendiang Nurhayati Suhardini alias Nh. Dini (1936-2018). Buku ini pertama kali terbit pada 1956 ketika pengarangnya baru berusia 20 tahun.  Dini menulis sejak dini. Dunia pengalaman jadi landasan bagi pemahaman, kemudian jadi sumber dunia rekaan. Yang khayal dan yang nyata bersenyawa dalam cerita.

Thumbnail Biografi Koruptor

Biografi Koruptor

Kamis, 29 Nov 2018 - 00:44

NOVEL Korupsi karya mendiang Pramoedya Ananta Toer (1925-2006) tidak kehilangan relevans...

Thumbnail Kenangan Maryati

Kenangan Maryati

Rabu, 21 Nov 2018 - 17:01

MEMBACA novel Maryati karangan mendiang Suwarsih Djojopuspito (1912-1977) seperti membuka album. Peralihan halaman menyajikan gambar pengalaman. Cerita seakan bergerak di atas jalan yang lempang dan rata, tanpa kelokan dan tanjakan drama yang mengubah nasib tokoh-tokohnya. Novel ini bercerita seputar kegiatan para aktivis organisasi Jong Java Cabang Bogor, khususnya kalangan perempuannya, yang dalam istilah zaman itu disebut meisjeskring. Di lingkaran alias kring itu ada satu sosok pribadi, yang namanya jadi judul novel ini dan figurnya barangkali jadi alter ego sang pencerita sendiri. Dialah Maryati.

Thumbnail Kota Atheis

Kota Atheis

Kamis, 15 Nov 2018 - 01:53

BANYAK sudah yang dibicarakan orang tentang masalah yang diangkat dalam novel Atheis karya almarh...

Thumbnail Dari Santri Gagal

Dari Santri Gagal

Rabu, 7 Nov 2018 - 17:05

Hidupnya royal. Harta warisan dihambur-hamburkan. Kalau bukan di meja judi, uang ia habiskan di pelacuran. Karena malas belajar, ogah masuk sekolah, gampanglah ia ditipu.

Thumbnail Kiai, Santri, Siluman

Kiai, Santri, Siluman

Rabu, 31 Okt 2018 - 17:01

JAGAT naratif dalam cerita rekaan karya almarhum Ki Umbara (Wiredja Ranusulaksana) meliputi dua bagian. Ada jagat tempat tokoh cerita dari golongan manusia. Ada pula jagat tempat tokoh cerita dari golongan siluman. Cerita timbul dari interaksi di antara kedua jagat tersebut. Sebagai rujukan, kita baca lagi, misalnya, kumpulan cerita pendek Diwadalkeun ka Siluman. Buku yang memuat empat cerpen ini pertama kali diterbitkan oleh penerbit Kiwari di Bandung pada 1965. Kata “diwadalkeun” berarti “dijadikan tumbal”. Judul buku diambil dari judul salah satu cerpen. Tokoh-tokoh utama cerita Ki Umbara, dari golongan manusia, adalah orang-orang yang melintasi tapal batas di antara kedua jagat tadi. Tapal batas itu bisa terbentang antara hidup dan mati, tidur dan mimpi, nyata dan gaib, sadar dan ilusi.

Thumbnail Umur Kabinet dalam Novel

Umur Kabinet dalam Novel

Rabu, 24 Okt 2018 - 17:05

Ketua partai politik akhirnya terkena serangan jantung. Usahawan melarikan diri ke luar negeri. Pegawai korup ditangkap polisi. Tukang selingkuh tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Adapun aktivis mati dalam kerusuhan, serta tukang becak menemui ajalnya dalam letusan senapan. Secara umum, suasana cerita itu memang suram, sesuram pemandangan di ujung senja.

Thumbnail Debu Cinta

Debu Cinta

Rabu, 17 Okt 2018 - 17:04

SELAIN Atheis (1949), novel peninggalan Achdiat K. Mihardja (1911-2010) adalah Deb...

Thumbnail Pulang dan Tembang

Pulang dan Tembang

Rabu, 10 Okt 2018 - 17:01

Pulang berarti kembali ke rumah atau tempat asal. Terkandung juga arti reuni, yakni berkumpul kembali dengan orang-orang tercinta, menyatu lagi dengan tanah tumpah darah. Pulang agak berbeda dari mudik. Dalam peristiwa mudik, reuni terjadi hanya buat sementara. Orang udik toh bakal pergi lagi ke muara. Orang desa toh pasti akan pergi lagi ke kota. Pulang yang sesungguhnya berarti kembali buat menetap, barangkali sampai mati, ke tempat yang dicintai, ke dekat orang-orang yang dikenal baik.

TERPOPULER

EPAPER PIKIRAN RAKYAT