Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Umumnya cerah, 21.2 ° C

Eko Noer Kristiyanto

Thumbnail Persib, Atep, Vanessa Angel, dan Kongres PSSI

Persib, Atep, Vanessa Angel, dan Kongres PSSI

Minggu, 20 Jan 2019 - 00:05

Loyalitas Atep adalah pembeda yang sangat sayang jika dianggap biasa. Momen itu justru bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan bahwa Persib istimewa karena membuat pemain betah dan loyal selama sedekade.

Thumbnail Prostitusi Online dan Jangkauan Hukum Nasional

Prostitusi Online dan Jangkauan Hukum Nasional

Minggu, 13 Jan 2019 - 00:05

SEPERTI kebiasaan orang Indonesia, kita justru tak fokus dengan inti permasalahan prostitusi online. Kita malah sibuk dengan lelucon dan aib orang, karakter hipokrit membuat nalar sedikit redup.

Thumbnail Bobotoh dan Politisi Amatiran

Bobotoh dan Politisi Amatiran

Minggu, 6 Jan 2019 - 00:05

PUBLIK dibuat gaduh, tercengang, sekaligus miris. Nama bobotoh dicatut untuk mendukung salah satu pasangan calon presiden, caranya pun vulgar bahkan sangat eksplisit.

Thumbnail Kabar Baik di Akhir Tahun

Kabar Baik di Akhir Tahun

Minggu, 30 Des 2018 - 09:28

Baru seminggu sejak dibentuk oleh Kapolri, Satgas Antimafia Bola langsung membuat heboh dengan menahan beberapa orang terduga pelaku pengaturan skor.

Thumbnail Seksinya Isu AFF 2010

Seksinya Isu AFF 2010

Minggu, 23 Des 2018 - 09:49

Agak mengherankan saat pemain eks Timnas AFF 2010 bergerak cepat & sibuk setelah mendapat bully. Para pemain sekelas mereka seharusnya sudah terbiasa dan kuat mental menghadapi gangguan semacam itu.

Thumbnail Konvoi

Konvoi

Minggu, 16 Des 2018 - 07:41

Bicara Persib dan pendukungnya, maka ada ritual yang sangat khas, yaitu konvoi. Walau terkesan natural, sesungguhnya ada konsep dan perencanaan matang terkait konvoi yang dilakukan Persib.

Thumbnail Mafia Bola Bukan Hanya Urusan PSSI

Mafia Bola Bukan Hanya Urusan PSSI

Minggu, 9 Des 2018 - 00:37

WALAU dianggap belum memberi solusi konkrit, namun apa yang diperbuat oleh program mata najwa beberapa waktu lalu telah memberi dampak yang luar biasa. Kekuatan media yang mampu membuat seorang EXCO PSSI berhenti dari jabatannya dan membuat beberapa nama lagi takkan terlalu nyaman menjalani hidup.

Thumbnail Sudah Boleh ke Jatinangor

Sudah Boleh ke Jatinangor

Sabtu, 1 Des 2018 - 17:05

Sering saya melihat mahasiswaFakultas Hukum Unpad yang asyik bermain kartu di depan Graha Sanusi Harjadinata heran melihat rombongan mahasiswa Unpad Jatinangor datang dengan bus lalu berdemonstrasi di sekitar kampus atau Gedung Sate. Kami, mahasiswa Fakultas Hukum terkadang bertanya, ada apa ini? Bukankah semuanya baik-baik saja? Lalu kemudian melanjutkan kegiatan yang jauh dari aura pergerakan kampus seperti mendengarkan musik, bermain kartu, berpacaran, atau membaca majalah pria dewasa.

Thumbnail November Rain

November Rain

Minggu, 25 Nov 2018 - 02:54

Jika kita amati secara jernih, ekspektasi juara dari bobotoh bisa jadi tak sinkron dengan motivasi dan target tim. Untuk ukuran pelatih yang baru pertama menangani tim Indonesia, seandainya Persib finis di urutan tiga pun, tentu sudah dapat dikatakan pencapaian yang sangat baik bagi seorang Roberto Carlos Mario Gomez. Terlebih jika indikatornya adalah target awal yang hanya bicara posisi 5 besar di akhir musim.

Thumbnail A Man Called Atep

A Man Called Atep

Minggu, 18 Nov 2018 - 01:15

“Terjebak” dalam situasi unik, Atep justru sukses menanamkan kesan yang takkan hilang dibenak bobotoh sekaligus jakmania pada saat bersamaan, secara tak langsung kedua pendukung saling “berebut” Atep. Jakmania-pendukung persija jelas terus mengelukan jagoan mereka ini, hasil didikan Bandung yang terus mengerek kejayaan tim Macan Kemayoran. Sementara itu bobotoh-pendukung Persib, walau melontarkan caci namun merindukan kembalinya Atep untuk berbakti di tanah Pasundan (baca: bermain untuk Persib). Dalam beberapa kesempatan kedatangannya ke Bandung, baik ketika berbaju persija maupun timnas, Atep mendapat dua sensasi sambutan sekaligus dari bobotoh, sambutan hangat dan caci maki. Walau tentu kita pun mengetahui bahwa mereka yang mencaci pun sejatinya karena menginginkan Atep untuk segera berbaju Persib Bandung

TERPOPULER

EPAPER PIKIRAN RAKYAT