Inikah Bukti Kekuasaan Megawati Melebihi Presiden?

- 16 Januari 2023, 19:14 WIB
Megawati Soekarnoputri.
Megawati Soekarnoputri. /Twitter/@PDI_Perjuangan

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ditengarai tengah unjuk kekuatan besarnya di hadapan Presiden Joko Widodo.

Ini tersirat dari pernyataan Mega yang sengaja menyinggung jasa besar partai banteng buat Jokowi pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDIP. Mega seolah ingin menegaskan bahwa di internal PDIP, dialah yang paling berkuasa.

Bahkan tanpa PDIP, Jokowi dianggap tidak ada apa-apanya, Mega menyebutnya dengan istilah “Jokowi kasihan jika tanpa PDIP.”

Pernyataan ini mengingatkan pernyataan James McGregor Burn yang menulis dengan elegan; sering kali terjadi krisis kepemimpinan dengan indikator kepemimpinannya biasa-biasa saja dan dalam kendali orang lain.

Baca Juga: Pengamat Sebut Pidato Megawati Tak Kerdilkan Posisi Jokowi: Layaknya Keluarga, Obrolan Bisa Terbuka

Kepemimpinan Tanpa Kuasa

James McGregor Burn menulis dengan elegan; krisis kepemimpinan saat ini ditandai dengan mengemukanya perilaku biasa-biasa saja atau tidak bertanggung jawab dari begitu banyak orang berkuasa, namun kepemimpinannya jarang hadir memenuhinya.

Itu yang kemudian menurut Yasraf Amir Pilialang, dinarasikannya kekuasaan tanpa kuasa tentu sebuah ironi karena ia seperti kata tanpa makna, atau konsep tanpa realitas. Sehingga Alfan Alfian mengamini pandangan ini, jika terjadi, maka otoritas kekuasaan memang ada yang dipegang pemangku kekuasaan di dalam aneka aparatur negara. Tetapi ia tidak mampu menunjukkan kuasanya. Kekuasaan lantas menjadi “kekuasaan minimalis” yakni ketika sistem kekuasaan hanya mampu menunjukkan efek yang sangat kecil dengan efek perubahan yang sangat minim.

Sehingga, menjadi pemimpin tidak boleh biasa-biasa saja, tetapi harus memiliki efek besar bagi kesejahteraan rakyatnya, sekaligus menginspirasi dan mampu memberikan pengaruh kepada bawahannya. Menjadi pemimpin tidak boleh berada di bawah bayang-bayang sosok lain yang lebih berpengaruh dari dirinya.

Baca Juga: Puan Maharani Bantah Megawati Rendahkan Presiden: Ibu Sayang Pak Jokowi

Halaman:

Editor: Akhmad Jauhari


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x