Bisakah dari Presiden Definitif 2 Periode Menjadi Cawapres?

- 19 September 2022, 14:46 WIB
Polemik Presiden Jokowi yang dikabarkan mencalonkan diri menjadi Cawapres bersama Prabowo Subianto, bolehkah?
Polemik Presiden Jokowi yang dikabarkan mencalonkan diri menjadi Cawapres bersama Prabowo Subianto, bolehkah? /Reuters/Willy Kurniawan

PIKIRAN RAKYAT - Polemik muncul pasca juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono, menyatakan, bahwasanya presiden yang telah menjabat selama dua periode, secara normatif, dapat saja maju kembali, mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada periode berikutnya, sehubungan secara eksplisit tidak ada aturan yang melarang hal tersebut.  

Di kesempatan lain, Habiburokhman, sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, 14 September lalu, menyatakan, “Ya, kalau kemungkinan ya ada saja”, mengomentari wacana memasangkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai capres dan Joko Widodo sebagai cawapres dalam pemilihan umum presiden (2024).

Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers, Jumat, 16 September lalu, menyatakan tidak mengetahui dari mana datangnya isu bahwa dirinya diwacanakan menjadi calon wakil presiden (wapres) pada Pilpres 2024 mendatang.

“Semenjak awal saya sampaikan, urusan tiga periode. sudah saya jawab. Begitu sudah dijawab, muncul lagi namanya perpanjangan, juga sudah saya jawab. Lalu, muncul lagi jadi wapres, ini dari siapa?”, ujar Jokowi.

Baca Juga: Tak Hafal Sila-sila Pancasila Berbuntut Pengunduran Diri Ketua DPRD Lumajang

 

Atas munculnya pro dan kontra dari pernyataan jubir MK tersebut, selanjutnya MK telah mengklarifikasi bahwa statement tersebut bukan merupakan sikap resmi dan tidak berkaitan dengan pelaksanaan kewenangan MK.

Hal tersebut muncul sebagai respons jawaban yang disampaikan dalam sebuah diskusi informal saat menjawab pertanyaan wartawan yang bertanya melalui chat WA. Jadi bukan kesimpulan dalam sebuah forum resmi, doorstop, apalagi dalam ruang atau pertemuan khusus yang sengaja dimaksudkan untuk itu.

LEGACY

Halaman:

Editor: Tita Salsabila


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network