Rabu, 27 Mei 2020

Didi Kempot dan Darso, Maestro yang Popularkan Musik Tradisional

- 10 Mei 2020, 06:00 WIB
DIDI Kempot dan Darso.* /DOK.PR

PIKIRAN RAKYAT - Dunia seni budaya (bahkan segmennya lebih luas dari itu) kembali berduka, Didi Kempot, seniman besar yang tengah berada di puncak popularitas telah berpulang menghadap Illahi pada 5 Mei 2020 lalu.

Seniman tradisional ini mampu menembus sekat, meski awalnya menyandang embel-embel lokal namun dirinya mampu menasional bahkan mengglobal karena rupanya Didi Kempot sering juga manggung dan dikenal luas oleh penduduk negara Suriname.

Karena kini sedang gencar semua orang membicarakan sosok Didi Kempot, maka rasanya semua tentang dirinya akan mudah anda ketahui dengan cukup berselancar di dunia maya.

Baca Juga: Atalia Ridwan Kamil Apresiasi Kencleng PKK Kabupaten Cianjur

Tulisan ini ingin memberi perspektif berbeda, ketika nama besar Didi Kempot bersanding dengan maestro lainnya yang sama-sama telah meninggalkan kita untuk selamanya, mari kita bicara tentang Didi Kempot dan Darso.

Renaissance

Hendarso atau akrab disapa Darso tentu tak asing lagi bagi pecinta musik Sunda, kiprah yang terbentang selama puluhan tahun telah menelurkan begitu banyak karya emas yang akan terus diingat dan dibawakan ulang hingga puluhan tahun ke depan.

Meski sama-sama berawal dari musik tradisional namun seiring waktu Darso dan Didi Kempot justru bergerak di ranah pop, meskipun tetap ada embel-embel daerahnya.

Hal yang menarik dari keduanya adalah Didi Kempot dan Darso sama-sama mengalami fase kebangkitan (Renaissance) yang membuat keduanya di kenal lebih luas oleh khalayak melebihi segmen asalnya yaitu Didi Kempot di campursari dan Darso di musik calung.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Ketika Budak Menjadi Raja

26 Mei 2020, 09:52 WIB

Bibliografi D.D.

21 Mei 2020, 07:43 WIB

Praktik Baik di Masa Pandemik

19 Mei 2020, 10:43 WIB

Jejak Bus Kota Robur di Bandung

16 Mei 2020, 06:00 WIB

Maut dan Bersin

14 Mei 2020, 09:12 WIB

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X