Sabtu, 4 April 2020

Cisago dan Cisagu, Habitat Kiray

- 21 Maret 2020, 06:00 WIB
Kiray di pinggir sungai.* /T BACHTIAR

PIKIRAN RAKYAT - Ada nama geografi Cisago, sebelah timur-selatan Sayati, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan Cisagu di dekat Saguling, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, juga di terdapat di Tamanjaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di Campakawarna, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dan Cisagutonggoh dan Cisagulandeuh di Kabupaten Lebak, Banten.

Di kawasan yang bernama Cisagu atau Cisago, kini nama tanaman sagu atau sago sudah tidak populer lagi di masyarakatnya, karena di Jawa Barat dan Banten, tumbuhan itu sudah berganti nama menjadi kiray.

Secara alami, lingkungan tempat yang oleh warganya diberi nama Cisagu atau Cisago, menunjukkan bahwa kawasan itu merupakan daerah rawa air tawar, atau daerah sepanjang aliran sungai, sekitar sumber air, atau hutan-hutan rawa.

Baca Juga: Putra Kedua Tjahjo Kumolo Dipastikan Positif Virus Corona, Tak Miliki Riwayat Perjalanan ke Luar Negeri

Itulah tempat kiray atau sagu (Metroxylon sagu) akan tumbuh dengan baik, terutama pada tanah dengan kadar bahan organis yang tinggi dan bereaksi sedikit asam pH = 5,5-6,5, dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 700 meter dpl.

loading...

Sagu masih dapat beradaptasi di daerah rawa yang berair di hutan rawa yang kadar garamnya tidak terlalu tinggi di hutan rawa yang kadar garamnya tidak terlalu tinggi. Dalam lingkungan tersebut, sagu dapat berkembangbiak dan menghasilkan anakan dengan baik dan dalam jumlah cukup banyak.

Sagu atau sago, sudah ada dalam naskah Jawa Kuna, seperti dimuat dalam Kamus Jawa Kuna-Indnesia karya PJ Zoetmulder bekerjasama dengan SO Robson (2011), walaupun kata Aditia Gunawan, PJ Zoetmulder masih kebingungan mengartikan kata sagu, sago tersebut (komunikasi pribadi, Selasa, 17 Maret 2020).

Baca Juga: Tips Hindari Virus Corona, Simak Cara Bersihkan Ponsel, Tablet, dan Laptop untuk Cegah Penularan COVID-19

Lebih lanjut Aditia menulis, sagu berasal dari kata saguna asal katanya guna. Dalam kamus itu ada kata pasaguan, kemungkinan berasal dari kata pa-sagu-an, tempat tumbuhnya sagu, dengan lingkungan berair yang menjadi tempat berkumpulnya ikan.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Pangampaan, Pabrik Minyak Keletik

4 April 2020, 08:55 WIB

Peluk Cium dari Jauh

2 April 2020, 06:53 WIB

Imunitas Sosial

31 Maret 2020, 06:26 WIB

Nama dan Rupa Pikiran Rakyat

26 Maret 2020, 06:52 WIB

Pemalsu Jersey Persib Jadi Terancam

22 Maret 2020, 14:08 WIB

Cisago dan Cisagu, Habitat Kiray

21 Maret 2020, 06:00 WIB

Jalan ke Rumahmu

19 Maret 2020, 06:00 WIB

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X