Sepak Terjang Diplomasi Kesehatan Indonesia, Negosiasi Pandemic Treaty

- 12 Januari 2022, 13:58 WIB
Petugas berkostum Captain America dan Hulk berdialog dengan peserta saat vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta, Selasa 11 Januari 2022.
Petugas berkostum Captain America dan Hulk berdialog dengan peserta saat vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta, Selasa 11 Januari 2022. /Antara/Andreas Fitri Atmoko

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19 tak menjadi halangan bagi pemerintah Indonesia untuk mempererat dan meningkatkan hubungan dengan negara lain.

Hal itu penting karena lewat diplomasi, Indonesia bisa menghasilkan sejumlah kesepakatan terkait kepentingan nasional yang mencakup politik, ekonomi, budaya, dan sosial.

Khususnya, diplomasi ekonomi yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan perekonomian yang selama dua tahun terakhir terkena imbas pandemi Covid-19.

Tanpa kesepakatan dan kerja sama ekonomi dan bidang lainnya, kepentingan nasional kita bisa dirugikan.

Baca Juga: Ratusan Ribu Vaksin Dikabarkan Akan Kedaluwarsa di Jawa Barat, Bagaimana Nasibnya?

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19, Lengkap dengan Jadwalnya

Akhir pekan lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan sejumlah capai­an diplomasi ekonomi Indonesia yang telah dilakukan sepanjang 2021.

Hal itu menjadi bagian dari upaya pemerintah memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) yang berlangsung secara virtual pekan lalu, disebutkan bahwa penyelenggaraan sejumlah forum bisnis menjadi alat Indonesia untuk melakukan diplomasi ekonomi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network