Senin, 6 April 2020

Sekolah Favorit

- 30 Juni 2019, 11:47 WIB
Ilustrasi.*/CANVA

BELAKANGAN ini kita dibuat sedikit wajib untuk mengikuti perkembangan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Berita terkait hal tersebut telah menjadi isu nasional dan hampir pasti diberitakan media massa.

Banyak variabel terkait PPDB tahun ini, tetapi sistem zonasi yang (sebenarnya bukan hal) baru diberlakukan menuai sejumlah polemic. Polemiknya luas mulai dari asumsi soal kebebasan dan kesempatan memilih institusi pendidikan yang dibatasi negara, tidak meratanya kualitas sekolah (khususnya sekolah negeri) di Indonesia, hingga tujuan menghilangkan persepsi sekolah-sekolah favorit yang selama ini berkembang di masyarakat.

Padahal, justru di sinilah kecelakaan berpikir kebanyakan orang. Tujuan baik bahwa kualitas sekolah harus merata (sama-sama baik) terkait infrastruktur, kapasitas guru, fasilitas, dan sebagainya tidak semerta-merta harus menghilangkan adanya predikat sekolah favorit.

Setiap institusi pendidikan perlu bersaing dan menunjukkan keistimewaan yang tidak berasal dari perlakukan pemerintah, tetapi dari etos dan kualitas anak didiknya.

Negara-negara maju juga demikian, tetap saja mengenal institusi-institusi pendidikan yang dianggap unggul dan menonjol.

Membeli pergaulan

Sebagai anak sulung yang menjadi “kelinci percobaan” orangtua, saya senantiasa dijadikan sebagai bahan uji coba agar kelak adik-adik saya bisa mendapat hal yang lebih baik, termasuk dalam memilih sekolah.

Jika saya hanya ditargetkan untuk selalu masuk sekolah negeri, yang membuat orangtua akan bersyukur, adik-adik saya diarahkan lebih dari itu. Selain belajar di negeri sekolah, mereka juga wajib masuk sekolah dengan kategori favorit.

Hal ini terjadi karena orangtua saya belajar dari proses berkembangnya anak sulung mereka karena walau sama-sama bersekolah di sekolah negeri, anak-anak teman Ibu saya tampak lebih unggul dan mengalami percepatan serta memiliki banyak hal yang dianggap lebih baik dan berkelas.

Halaman:

Editor: Eko Noer Kristiyanto

Tags

Komentar

Terkini

Pangampaan, Pabrik Minyak Keletik

4 April 2020, 08:55 WIB

Peluk Cium dari Jauh

2 April 2020, 06:53 WIB

Imunitas Sosial

31 Maret 2020, 06:26 WIB

Nama dan Rupa Pikiran Rakyat

26 Maret 2020, 06:52 WIB

Pemalsu Jersey Persib Jadi Terancam

22 Maret 2020, 14:08 WIB

Cisago dan Cisagu, Habitat Kiray

21 Maret 2020, 06:00 WIB

Jalan ke Rumahmu

19 Maret 2020, 06:00 WIB

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X