Toilet Gratis, Kebijakan Pragmatis Sekaligus Kemerdekaan Fantastis

- 25 November 2021, 08:56 WIB
Penggambaran toilet ideal ala Rick Sanchez dalam serial Rick and Morty.
Penggambaran toilet ideal ala Rick Sanchez dalam serial Rick and Morty. /Green Portal Productions

PIKIRAN RAKYAT - Menteri BUMN Erick Thohir membuat heboh warganet Indonesia dengan unggahan di Instagram, Senin 22 November 2021. Tampak dalam video tersebut, Erick Thohir terkejut karena pengguna toilet di SPBU diwajibkan membayar penggunaan fasilitas umum tersebut.

Sebelumnya, banyak warganet yang mengeluhkan masih banyaknya SPBU yang melakukan praktik toilet berbayar. Erick Thohir lantas meminta Pertamina agar fasilitas toilet di SPBU tak berbayar.

”Saya minta Direksi Pertamina untuk memperbaiki. Saya juga minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya enggak boleh bayar. Harus gratis,” ujarnya seperti dikutip dalam unggahan video akun Instagram resmi @erickthohir.

Gayung bersambut. Keinginan Menteri BUMN itu direspons langsung elite direksi Pertamina. Pertamina akhirnya menggratiskan toilet di seluruh SPBU.

Baca Juga: Usai Sidak Toilet SPBU, Rocky Gerung Tantang Erick Thohir Deklarasikan Niat Jadi Presiden

Baca Juga: Bayar Toilet SPBU Pertamina Tidak Terlalu Penting karena Mereka Mampu Bayar Rp2.000

Pertamina juga akan mengingatkan seluruh pemilik dan pengelola SPBU untuk tetap memperhatikan kebersihan dan kenyamanan toilet meski sudah digratiskan.

Corporate Secretary Subholding Commercial and Trading Pertamina Irto Ginting menyatakan, toilet di SPBU adalah salah satu bentuk layanan Pertamina kepada masyarakat.

Adanya toilet yang berbayar karena Pertamina juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengelola SPBU.

”Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” kata Irto.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X