Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 16.4 ° C

Naturalisasi Fabiano Beltrame

Eko Noer Kristiyanto
Eko Noer Kristiyanto

Eko Noer Kristiyanto

Peneliti Hukum di Kementerian Hukum dan HAM

FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR
FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BANYAK yang bertanya kepada saya terkait status kewarganegaraan Indonesia Fabiano Beltrame, pemain yang dipastikan tidak didaftarkan untuk putaran pertama liga 1 2019 oleh Persib Bandung. Padahal, Fabiano Beltrame telah bergabung dan berlatih dengan tim sejak lama.

Alasannya jelas, simpel, tetapi rumit dan meninggalkan jejak pertanyaan. Proses naturalisasinya belum rampung sehingga masih tetap dianggap sebagai pemain asing dan kuota pemain asing Persib Bandung telah habis terpakai.

Sekarang, hampir setiap hari ada pesan baru di kotak masuk media sosial saya maupun penyebutan akun yang intinya menanyakan informasi terakhir dan perkembangan terkait Fabiano Beltrame. Bisa jadi warganet bertanya karena sayalah orang pertama yang menyatakan kepastian naturalisasi dan jaminan akan bergabungnya Fabiano Beltrame dengan Persib Bandung melalui video yang sempat viral beberapa waktu lalu.

FABIANO Beltrame/INSTAGRAM EKOMAUNG69

Melalui tulisan ini saya akan menjawab. Namun, perlu diingat bahwa jawaban saya bisa jadi berbeda dengan versi manajemen PT. Persib Bandung Bermartabat dan pihak terkait lain karena berbagai alasan. Jawaban versi saya berdasar kepada penelusuran dan hal empirik pribadi.

Kajian

Saya merasa tidak ada kepentingan untuk serius mencari tahu tentang terhambatnya proses Fabiano Beltrame menjadi WNI. Sehingga, walau proses naturalisasi diurus institusi tempat saya bekerja, tak pernah terpikir untuk bertanya kepada orang-orang yang mengurusnya.

Terlebih, setahu saya proses di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM adalah hal-hal terkait administrasi. Sejauh persyaratan lengkap dan terpenuhi, tak akan ada hambatan.

Titik terang tentang terhambatnya naturalisasi Fabiano Beltrame didapat ketika bertemu Kepala Bagian Hukum Kemenpora.

Pejabat kemenpora tersebut mengatakan bahwa Sekretariat Negara meminta kajian yang berisi argumen mengapa Fabiano Beltrame harus dinaturalisasi. Hal ini menjadi logis dan bisa saya terima karena Fabiano Beltrame menggunakan pasal terkait berjasanya seseorang untuk bangsa dan negara Indonesia sehingga layak mendapatkan status WNI melalui jalur istimewa.

Sudah Pasti WNI

Beberapa hari lalu saya berbuka bersama pengurus BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia), PT. Liga Indonesia Baru, dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia. Persoalan Fabiano Beltrame sempat juga dibahas. Intinya adalah ketidaksepakatan tentang proses naturalisasi yang dianggap terlalu mudah dan terkesan obral di jalur atlet sepak bola.

Akan tetapi, ketika Persib Bandung menyatakan Fabiano Beltrame akan dipinjamkan ke klub liga 2, sebenarnya Fabiano Beltrame hampir sudah pasti menjadi WNI. Namun tinggal masalah waktu.

Mengapa status WNI bagi Fabiano Beltrame dapat dianggap pasti? Hal itu kembali kepada pernyataan Persib Bandung yang akan meminjamkan Fabiano Beltrame ke klub liga 2. Karena, di Liga 2 tidak ada penggunaan pemain asing. Semua yang bermain di liga 2 adalah  pemain lokal alias pemain berkewarganegaraan Indonesia.

Kesimpulannya adalah: Fabiano akan menjadi WNI tahun ini.***

Bagikan: