Keutamaan Bulan Rajab, Ada Amalan Puasa yang Setara Ibadah 700 Tahun

- 23 Januari 2023, 07:56 WIB
Keutamaan Melakukan Amalan Bulan Rajab yang Banyak Orang Tidak Ketahui
Keutamaan Melakukan Amalan Bulan Rajab yang Banyak Orang Tidak Ketahui /Pixabay/dinar_aulia

PIKIRAN RAKYAT - Hari ini, Senin, 23 Januari 2023, umat Islam di seluruh dunia resmi menyambut bulan Rajab. Rajab sendiri merupakan satu bulan mulia yang memiliki berbagai keutamaan di dalamnya.

Bulan Rajab merupakan satu dari 4 bulan yang mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Selain menjadi tanda bulan Ramadhan semakin dekat, Rajab juga memiliki banyak amalan dan sunah yang bisa dilakukan oleh umat muslim.

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679). Jadi, empat bulan suci tersebut adalah (1) Dzulqo’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab."

Baca Juga: Kesaksian Warga Soal Penembakan Massal di California: Kota Terkenal Damai, Ledakan Pistol Dikira Kembang Api

Pada bulan ini, ada beberapa keutamaan bulan Rajab dibandingkan bulan-bulan lainnya bagi umat Islam. Apa saja yang bisa dilakukan umat Islam dalam menyambut bulan ini?

Dalam beberapa hadis, dijelaskan Rasullulah SAW menunjukkan beberapa kelebihan bulan Rajab. Salah satunya ada ibadah puasa yang senilai pahala 700 tahun:

1. Diberi Minum Sungai Rajab

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْرًا يُقَالُ لَهُ رَجَبَ مَاؤُهُ أَبْيَضُ مِنَ اللَّبَنِ
وَأَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ. مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ رَجَبَ سَقَاهُ اللهُ مِنْ
ذَلِكَ النَّهْرِ

Baca Juga: Rizky Billar Wujudkan Mimpi Lesti, Punya Tanah 1300 M di Jaksel

Halaman:

Editor: Alza Ahdira


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x