Minggu, 5 April 2020

Hafalkan Ribuan Hadis dalam Sebulan, Afif Zen Santri Asal Jember Diberangkatkan ke Tanah Suci

- 25 Februari 2020, 16:35 WIB
POTRET Afif Zen saat di Mekkah. //Dokumentasi pribadi via Portal Jember Pikiran Rakyat Media Network

PIKIRAN RAKYAT - Menghafal hadis sejak kecil merupakan hal yang sebaiknya dilakukan. Sebab dapat menjadi sebuah bekal bagi seseorang untuk menghadapi segala sesuatu ketika dewasa.

Selain itu, hadis juga dapat dipelajari sejak kecil dan bisa menjadi hal yang patut menjadi contoh bagi setiap orang.

Seperti seorang santri bernama Afif Zen Abdillah, yang termasuk dalam angkatan ke VII di Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka), Afif Zen sendiri berasal dari Jember, Jawa Timur.

Baca Juga: Istri Kobe Bryant Gugat Pemilik Helikopter yang Sebabkan Kematian Suami dan Anaknya

Sebenarnya, ketika tiba di pesantren, Afif Zen sama sekali tidak 'berbau' santri. Ia bahkan belum hapal bermacam hadis yang sering diucapkan oleh kebanyakan orang.

Di samping itu, ia sebelumnya telah menyelesaikan SD dan SMP di sekolah negeri di Kalisat, Jember, Jawa Timur. Namun menjelang SLTA Afif Zen memilih untuk menghabiskannya di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat, Jember, Jurusan Pemasaran.

Dari situlah lalu Afif Zen menghafal Alquran secara mandiri. Tiga tahun ia bersekolah, berhasil menghafal sebanyak 3 juz. Diantaranya juz 30, 15, dan 16.

Baca Juga: Sistem Keamanan Transportasi AS Larang Karyawan Membuat Postingan di TikTok

"Waktu itu karena termotivasi Dr.Zakir Naik (ulama India yang ahli perbandingan agama) yang hafal Alquran sampai di posisinya di Quran. Bahkan, hafal Injil, Bibel, dan berbagai kitab agama lain,” ujar Afif Zen ketika ditanya mengenai motivasi terbesarnya menghafal Alquran dari bangku SMK.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: Portal Jember Pikiran Rakyat

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X