Senin, 30 Maret 2020

Alquran Arahkan Manusia untuk Peduli Keseimbangan Lingkungan dan Alam

- 16 Februari 2020, 14:14 WIB
MENJAGA lingkungan hidup dan alam semesta ini menjadi kewajiban manusia yang telah tertulis dalam Quran beserta cara-caranya sesuai ketentuan yang Allah SWT telah tetapkan.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Islam dengan Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW selalu memberikan arahan yang terbaik bagi kehidupan manusia.

Anjuran dan larangan di dalamnya meliputi seluruh aspek keseharian kita, mulai dari hubungan antarmanusia, kepada makhluk lain, dan kepada Allah SWT.

Salah satu di antaranya memerintahkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga: Lepaskan Kerumitan Birokrasi dan Administrasi, Mendikbud Nadiem Makarim Dinilai Puaskan Publik dalam 100 Hari Pertama Kinerjanya

Kewajiban ini seharusnya dilaksanakan manusia untuk menjauhkan diri dan masyarakat dari kerugian atau mudarat bagi kehidupan bersama.

loading...

Hal ini diungkapkan Prof. Dr. KH. Moh. Najib, M.Ag, Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunungjati, Bandung pada Minggu 19 Januari 2020.

Menurut penuturannya, kitab suci yang dipegang oleh Umat Islam seluruh dunia banyak mengisahkan posisi-posisi strategis dari setiap makhluk di alam semesta ini.

Baca Juga: Hafalkan Alquran di Tengah Ancaman Zionis Israel, Tiga Hafiz Cilik Asal Palestina Ini Diundang ke Indonesia

Matahari, Bumi, awan, angin, flora, satwa, dan berbagai makhluk lainnya. Ciptaan Allah yang miliki peran paling utama dan vital bagi seluruh makhluk adalah air.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Galamedianews

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X