Bernilai Rp46 Miliar, Gedung Pengadilan Negeri Cikarang Mulai Dibangun

- 27 Oktober 2020, 10:56 WIB
PELETAKAN batu pertama pembangunan Gedung Pengadilan Negeri CIkarang, Kabupaten Bekasi. /Pikiran-rakyat.com/Tommi Andryandy

PIKIRAN RAKYAT - Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Cikarang akhirnya mulai dilaksanakan. Berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, pembangunan gedung ini menyerap biaya hingga Rp46,1 miliar.

Ketua PN CIkarang, Darma Indo Damanik mengatakan, pembangunan gedung ini dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2020 dan 2022. Targetnya, gedung dapat digunakan pada Juni 2021 mendatang.

“Jadi awalnya hendak dikerjakan dalam satu tahun anggaran tapi karena adanya fokus anggaran untuk penanganan covid-19 jadinya dibagi menjadi dua,” kata dia, Selasa, 27 Oktober 2020.

 Baca Juga: Salmafina Sunan Ungkap Keinginannya Bantu Pembangunan Masjid, Gereja hingga Panti Asuhan

Pada 2020, pembangunan akan difokuskan pada fondasi dan pemasangan tiang pancang dengan anggaran mencapai Rp 10 miliar. Sedangkan sisanya dibangun pada 2021 dengan alokasi anggaran Rp 36 miliar. “Dari rencana, ditargetkan Juni 2021 bisa mulai digunakan,” ucap dia.

Pekan lalu, pembangunan PN CIkarang resmi dimulai setelah dilakukan peletakan batu pertama yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Prim Hariyadi. Dalam kesempatan itu, Prim menegaskan pembangunan Gedung harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sebagai pencari keadilan.

“Pengadilan ini harus berbasis teknologi untuk memudahkan akses masyarakat. Gedung ini harus meningkatkan mampu meningkatkan semangat pelayanan para pencari keadilan,” kata dia.

 Baca Juga: [HOAKS ATAU FAKTA] Vaksin Covid-19 Dapat Ubah Susunan DNA Genetik pada Tubuh Manusia

Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah tengah fokus membangun sejumlah gedung pengadilan. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas peradilan di tengah masyarakat.

“Di seluruh Indonesia itu ada sekitar 60 lebih pengadilan yang telah diresmikan oleh Mahkamah Agung. Tahun ini ada sekitar 20 pengadilan. Semoga ini akan disusul secepatnya oleh Cikarang,” ucap dia.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X