Pemkab Karawang Kekurangan Tenaga Medis dan Nonmedis Tangani Covid-19

- 26 Oktober 2020, 13:31 WIB
dr. Fitra Hergyana, juru bicara GTPP Covid-19 Karawang.* /Pikiran-Rakyat.com/Dodo Rihanto

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 secara terbuka mencari para relawan tenaga medis dan nonmedis untuk menangani pandemi virus corona di daerahnya. Hal itu dilakukan setelah jumlah pasien corona di Kabupaten Karawang melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir ini.

"Hingga saat ini jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 1.332 orang. Sementara ruang perawatan dan tenaga medis untuk menangani mereka  semakin terbatas," ujar Ketua Harian Satgas Covid-19 Karawang, Acep Jamhuri, Senin, 26 Oktober 2020.

Menurutnya kondisi tersebut diperparah oleh adanya tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar virus corona sebanyak 79 orang. Dari jumlah itu,  22 orang Nakes masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

 Baca Juga: Jadi Juara Duel MMA Celebrity Fight, Randy Pangalila Ceritakan Pengalamannya Menang dalam 39 Detik

Ketua Harian Satgas Covid-19 Karawang, Acep Jamhuri.
Ketua Harian Satgas Covid-19 Karawang, Acep Jamhuri.

"Ada 56 orang Nakes yang sudah dinyatakan sembuh. Namun mereka belum maksimal memberikan pelayanan," kata Acep Jamhuri.

Dijelaskan juga, Satgas Covid-19 Karawang Senin siang ini juga akan menggelar rapat terbatas guna menangani lonjakan pasien corona itu. Dalam rapat akan dibicarakan soal penambahan ruang perawatan pasien corona di RSUD dan Rumah Sakit Paru.

Sebelumnya, sambung Acep, sudah ada beberapa pengelola rumah sakit swasta yang siap menyiapkan ruang isolasi. "Kami akan bicarakan terkait kekurangan bed-nya, termasuk kebutuhan tenaga medisnya," ujar Acep.

 Baca Juga: PJJ Dinilai Efektif Cegah Klaster Covid-19, Ini Catatan FSGI untuk Kemendikbud

Di tempat terpisah, juru bicara Satgas Covid-19 Karawang, dr Fitra Hergyana, membenarkan pihaknya sangat membutuhkan relawan medis untuk menangani pasien corona. Mereka yang memenuhi syarat dan berhasrat menjadi relawan pasti diterima.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X