TPS Rawan Bencana Hingga Covid-19 Dipetakan Jelang Pilkada Tasikmalaya 2020

- 20 Oktober 2020, 17:40 WIB
Polres Tasikmalaya, bersama KPU, Pemkab Tasikmakaya menggelar rapat persamaan persepsi Pilkada 2020 guna membahas kerawanan Pilkada di Mapolres Tasikmalaya, Selasa, 20 Oktober 2020. /Pikiran-rakyat.com/Aris Mohamad F

PIKIRAN RAKYAT - KPU Kabupaten Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya dan Pemkab Tasikmalaya, telah memetakan sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020 ini yang dinilai rawan pelanggaran protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Di samping itu, ada juga lokasi TPS yang rawan akan bencana alam serta sulit dijangkau ketika mendistribusikan logistik pemilu. Hal itu dibahas dalam rapat persamaan persepsi Pilkada 2020 yang dilaksanakan di Mapolres Tasikmalaya, Selasa, 20 Oktober 2020.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kompol Cucu Juhana, menjelaskan, hasil dari rapat persamaan persepsi pada Pilkada 2020 ini, kaitan kerawanan yang akan muncul pada saat pemilihan 9 Desember 2020. Seperti dipetakan kerawanan pelanggaran protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 dan lokasi TPS yang rawan bencana dan sulit dijangkau ketika mendistribusikan logistik pemilu.

 Baca Juga: Budidaya Ganja di Polybag Bertahun-tahun, Muslim Warga Tasikmalaya Andalkan Kemampuan Meracik Pupuk

Begitu pula lokasi TPS yang rawan bencana, baik longsor ataupun banjir. Hal itu terdapat di 11 kecamatan seperti Kecamatan Parungponteng, Sodonghilir, Bantarkalong, Cipatujah, Karangnunggal dan kecamatan lainnya.

"Maka dari itu, untuk mengantisipasi segala sesuatu hal yang terjadi, Polres Tasikmalaya akan menambah bantuan personil baik meminta bantuan kepada Polres Tasikmalaya kota termasuk Polres Garut. Termasuk brimob dan Dalmas dari Polda Jabar," jelas dia.

Untuk personel dari Polres Tasikmalaya sendiri yakni sebanyak ada dua pertiga kekuatan, atau sekitar 500 anggota. Ditambah dari Polres Tasikmalaya kota dan Garut dibutuhkan sebanyak 200 personel. Serta BKO dari Polda Jawa Barat ada 200 personel.

 Baca Juga: Sebut 95 Persen Perusuh Demo UU Cipta Kerja adalah Pelajar, Polisi Imbau Orangtua Ikut Mengawasi

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum, Fachrudin, mengatakan, indeks kerawanan di Pilkada Tasikmalaya dari hasil rapat dengan semua stakeholder di Polres Tasikmalaya ada tiga hal.

Dari hasil pemetaan kerawanan, tambah dia, ada kurang lebih 19 TPS yang memang yang masuk ke rawan bencana dan lokasi atau akses jalannya cukup sulit dalam mendistribusikan logistik untuk Pilkada Tasik.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X