Fapte IPB Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang PT KPC

- 9 Desember 2008, 10:35 WIB

BOGOR, (PRLM).-Fakultas Peternakan (Fapet) Institut Pertanian Bogor  digandeng oleh PT. Kaltim Prima Coal (KPC) untuk melaksanakan rehabilitasi lahan pasca tambang. Hal ini dituangkan dalam acara penandatanganan naskah kesepahaman antara PT. KPC dengan IPB, Sabtu (6/12) di IPB International Convention Center (IICC) Bogor. PT. KPC adalah sebuah perusahaan penghasil batubara terbesar di Indonesia yang berlokasi di daerah Sanggata Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor IPB, Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc ,dan Chief Executive Officer (CEO)PT. Kaltim Prima Coal, Endang Ruchijat, dengan disaksikan oleh Dekan Fapet IPB, Dr. Luki Abdullah. Pada saat yang sama, PT. KPC juga melakukan kerjasama dengan Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam.

Rektor IPB dalam sambutannya mengatakan, kerjasama tersebut sangat strategis dan penting. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan secara bersama oleh kedua institusi ini. "Selama ini sudah banyak kerjasama antara IPB dan PT. KPC. Dengan demikian, kerjasama yang dilakukan hari ini makin memperkokoh hubungan IPB dan PT. KPC. Sementara bagi Fakultas Peternakan, diharapkan bisa menjadi fakultas yang strategis, sebagaimana hasil olahan Fapet yang selalu ditempatkan pada tempat yang strategis, " tutur Rektor seraya menunjuk produk susu dan yoghurt yang saat itu dihidangkan di tengah-tengah meja.

Sementara, CEO PT. KPC menuturkan, kerjasama ini dimaksudkan untuk mendapat bantuan SDM dari IPB dan  Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam, dalam rangka mewujudkan penambangan yang berwawasan lingkungan. "PT. KPC sudah memperoleh penghargaan untuk bidang reklamasi, hanya saja reklamasi yang telah kami lakukan baru sekadar hijau saja. Karena itu, dengan adanya bantuan SDM dari kedua institusi ini, reklamasi yang sesungguhnya dapat dicapai," harap Endang Ruchijat. (A-122) ***

Editor: Administrator


Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Fix Padang

Mengenang 118 Tahun Bung Hatta

13 Agustus 2020, 00:06 WIB
X