Disdukcapil Kabupaten Sumedang Mulai Menggenjot Penerbitan Kartu Identitas Anak

- 18 September 2020, 08:50 WIB
Penyerahan KIA kepada warga di Kelurahan Kota Kaler Kec. Sumedang Utara.* /Kabar Priangan/Taufik R

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, kini mulai menggenjot penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Karena berdasarkan data yang dimiliki Disdukcapil Kab. Sumedang, anak dari mulai usia 0 sampai 17 tahun yang tercatat telah memiliki Akta Kelahiran itu jumlahnya mencapai 323.000 lebih.

"Sekarang setiap anak kan diwajibkan memiliki KIA sebelum memiliki KTP. Tujuannya tiada lain untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, serta pelayanan publik bagi anak. Makanya kami sekarang akan menggenjot pembuatan KIA, supaya seluruh anak di Sumedang dapat memiliki KIA," kata Kepala Disdukcapil Kab. Sumedang Ahmad Kusnadi, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ferry Fardians, di sela-sela kegiatan penyerahan KIA di Kantor Kelurahan Kota Kaler Kec. Sumedang Utara, Kamis 17 September 2020 sore.

Baca Juga: Peringati Ulang Tahun Ashraf Sinclair, BCL Ungkap Janji pada Mendiang Suaminya

Menurut Ferry, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA, setiap anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, diharuskan memiliki KIA sebelum nantinya membuat KTP.

Dengan demikian, KIA ini sangat penting untuk dimiliki, sebagai identitas resmi anak yang diterbitkan oleh Disdukcapil. Karena bagaimanapun juga, program penerbitan KIA ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional bagi seluruh warga negara.

"Jika melihat dari jumlah akta kelahiran yang telah diterbitkan Disdukcapil, anak-anak di Sumedang itu jumlahnya mencapai tiga ratus ribuan lebih. Sementara KIA yang telah dicetak oleh kami, sampai saat ini baru sebanyak 12.700-an. Berarti kan masih banyak anak yang belum memiliki KIA," ujarnya.

Baca Juga: Petani Keluhkan Sulitnya Pupuk Bersubsidi, DPRD: Pemerintah Jangan Persulit Birokrasi

Adapun terkait kegiatan penyerahan KIA di kantor Kelurahan Kota Kaler, Ferry pun menjelaskan, bahwa ratusan KIA yang diserahkan ini merupakan kartu identitas anak-anak di wilayah Kelurahan Kota Kaler.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X