9.000 Orang Ditargetkan Jalani Tes Usap Massal Covid-19 di Kabupaten Purwakarta

- 18 September 2020, 07:34 WIB
ILUSTRASI tes swab.* /Instagram.com/ridwankamil

PIKIRAN RAKYAT - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Purwakarta menargetkan tes usap (swab) secara massal kepada 9.000 orang. Angka tersebut berdasarkan perhitungan satu persen dari jumlah penduduk daerahnya.

"Sekarang seharusnya sudah lebih dari 6.000 orang (yang telah dites usap). Kami mengejar 3.000-an lagi, satu atau dua minggu pasti terkejar," kata Anggota tim GTPP Covid-19 Purwakarta, Erlitasari Kusuma Wardani, Kamis 17 September 2020.

Hal itu diungkapkannya saat diwawancarai disela-sela kegiatan tes usap di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta. Pada kesempatan itu, tes usap diikuti kalangan Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

Baca Juga: Kental Aroma Persaingan Pilkada Kabupaten Bandung, Kini Dua Raperda pun Ditolak 4 Fraksi

Pengetesan dilakukan meskipun belum ada ASN di Kabupaten Purwakarta yang terinfeksi Covid-19.

"Jadi awalnya memang ada orang tua ASN (yang diduga terinfeksi Covid-19) tapi belum ada hasilnya, positif atau negatif. Kami masih menunggu hasil swab," kata Erlitasari.

Menurutnya, tes usap yang dilakukan secara massal beberapa waktu terakhir ikut menyebabkan fluktuasi kasus Covid-19 di Purwakarta. Terlebih, tes serupa juga sudah bisa dilakukan di klinik-klinik kesehatan milik swasta.

Baca Juga: Turun 16 Kg dalam 2,5 Bulan, Tya Ariestya Bocorkan Rahasianya

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan GTPP Covid-19 Purwakarta, jumlah kumulatif warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 199 orang. Jumlah tersebut bertambah setelah ada lima orang yang baru dinyatakan positif Covid-19.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X