Disuntik Dosis Akhir Uji Coba Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Bocorkan Efek dan Perubahan yang Dialami

- 14 September 2020, 20:37 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan bekas suntik di lengan berototnya, Senin, 14 September 2020.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan bekas suntik di lengan berototnya, Senin, 14 September 2020. /Instagram/@ridwankamil

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bersama tiga pimpinan Forkopimda Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa, dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi telah menjalani proses ketiga dalam uji coba klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 14 September 2020.

Ridwan dan jajaran Forkopimda saat itu menerima imunisasi kedua setelah dua pekan sebelumnya diimunisasi di tempat yang sama.

“Alhamdulillah di hari ini, saya, Pak Kapolda, Pak Pangdam dan Pak Kajati selaku pimpinan di Jabar melaksanakan kunjungan yang ketiga dari lima kunjungan.

Baca Juga: Terus Berburu Pemain, Manchester United Dikabarkan Semakin Intens Dekati Sergio Reguilon

Kunjungan yang ketiga ini juga puncak dari proses, yaitu penyuntikan dosis terakhir dari percobaan vaksin Covid-19.

Nanti 14 hari dari sekarang barulah akan dites darah kami selama dua kunjungan lagi,” ujar Ridwan usai imunisasi.

Menurut dia, pada penyuntikan yang kedua, prosesnya relatif lebih singkat dari sebelumnya. Dan dia pun merasakan efek yang sama, yaitu sempat merasakan pegal.

Baca Juga: Pegawai RSUD Sumedang Derita Covid-19, 39 Tenaga Medis yang Terpapar Telah Sembuh

“Hari ini berlangsung lebih cepat, tidak ada pengambilan darah. Hanya biasanya, urutannya adalah kami dicek timbangan, kemudian masuk oleh dokter diperiksa lagi apakah selama dua minggu ada perubahan melalui stetoskop terhadap paru-paru dan sekitarnya, alhamdulillah lancar,” ucap dia.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X