Pemkot Cirebon Tegaskan Tak Akan Ikut Campur dalam Polemik Keraton Kasepuhan

- 14 Agustus 2020, 19:45 WIB
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis.* /Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi

PIKIRAN RAKYAT - Polemik di Keraton Kasepuhan Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon Jawa Barat tidak akan ikut campur karena hal tersebut termasuk permasalahan internal, namun dalam hal ini pemerintah akan tetap menjaga agar keraton itu tetap menjadi sebuah tempat pariwisata di daerah.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, pihaknya secara lembaga pihaknya tidak akan mengikuti ke ranah internal di tingkat keraton, namun pemkot berkomitmen agar menjaga keutuhan keraton sebagai cagar budaya disamping sebagai pariwisata daerah.

"Harapan saya polemik ini segera dapat di musyawarahkan supaya polemik itu segera berakhir, saya kira ini para sultan, famili sultan itu harus mengedepankan sebagaimana yang diajarkan oleh Sunan Gunung Jati, bahwa menjauhkan permasalahan atau menjauhkan dari kegaduhan," katanya usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Cirebon.

Baca Juga: Berdalih Sumbangan Acara Dirgahayu RI, 14 Remaja Dicokok Polres Tasikmalaya Karena Pungli

Azis menegaskan terkait pemerintah akan memfasilitasi kedua belah pihak, namun tidak akan secara mendalam, hanya saja memfasilitasinya berupa tempat untuk musyawarah maka kami pemerintah siap untuk memfasilitasinya.

Diberitakan sebelumnya silaturahmi Akbar yang digelar Warga Keturunan dan kerabat dari Syech Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati ), dan Pangeran Cakrabuana Syech Haji Abdullah Iman, yang tergabung dalam Santana Kesultanan Cirebon diwarnai keributan. Keributan terjadi saat warga dan keturunan tersebut tengah membacakan deklarasi di depan pintu Keraton Kasepuhan Cirebon.

Kubu keraton kasepuhan yang sudah menjaga di pintu gerbang keraton kasepuhan Cirebon, berusaha membubarkan warga keturunan Syech Syarif Hidayatullah yang tengah membacakan deklarasi tersebut, pembacaan deklarasi sendiri dilakukan setelah sebelumnya mereka tidak diizinkan masuk, untuk bersilaturahmi dengan PR Luqman Zulkaedin.

Baca Juga: Sambut Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia, Warga Buat Karya Kreatif Evakuasi Pasien Covid-19

Kerabat yang tengah membacakan deklarasi langsung mundur, dan kembali ke halaman Masjid sang Cipta Rasa Kasepuhan Cirebon.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X