Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir di Hari Pertama Proses Uji Vaksin Covid-19

- 10 Agustus 2020, 18:31 WIB
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan.* /ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Kesehatan atau Menkes Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman No. 38, Bandung, Senin 10 Agustus 2020. Kunjungan dilakukan untuk memastikan kesiapan ruang uji klinis vaksin Covid-19 fase III yang akan perdana dilaksanakan pada Selasa 11 Agustus 2020 besok.

Dilansir dari laman resmi Unpad, kunjungan Menkes Terawan didampingi langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Dr.med. Setiawan, dr., AIFM., serta ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr., Sp.A.(K), M.M.

Terawan juga memastikan proses perdana penyuntikan vaksin ke sejumlah subyek atau relawan berjalan dengan baik. Ini disebabkan, Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan meninjau langsung hari pertama proses uji vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad.

Baca Juga: Persib Gelar Latihan Bersama, Bek Sayap Zalnando Harapkan Semuanya Terus Berjalan Lancar

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Menkes Terawan saat meninjau ruang uji.

loading...

Terkait proses penyuntikan vaksin asal Sinovac, Tiongkok, tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin yang berada di lantai 2 gedung RSP Unpad sudah dilakukan sterilisasi.

“Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan,” kata Setiawan.

Baca Juga: Sering Paksa Warga Bayar Uang Parkir hingga Rp10.000, 8 Jukir di Palembang Diamankan Polisi

Selain itu, pihaknya juga memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun subyek uji klinis besok. Semuanya, kata Setiawan, sudah dilakukan tes PCR. Mereka yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin Covid-19 besok.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X