Dianggap Tak Berikan Contoh Baik, 5 PNS Kota Tasikmalaya Dapat Sanksi Sosial

- 10 Agustus 2020, 16:49 WIB
PNS yang kedapatan tak menggunakan masker dapat sanksi sosial.* /Pikiran-Rakyat.com/Asep MS

PIKIRAN RAKYAT - Lima Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Wali Kota Tasikmalaya (Bale Kota) terkena razia masker oleh tim gugus tugas gabungan Satpol PP, TNI dan Polri pada Senin 10 Agustus 2020 siang.

Mereka kedapatan tak mengenakan masker saat bekerja di kantornya dan langsung disanksi kerja sosial yakni menyapu sampah sampai bersih di Lingkungan Bale Kota Tasikmalaya. Selain lima pegawai bersetatus PNS, tim gugus tugas juga mendapati tiga orang pegawai magang yang juga tidak menggunakan masker.

Para pegawai pemerintah tersebut dinilai tak memberikan contoh baik dengan tidak memakai masker. Padahal Peraturan Wali Kota Tasikmalaya Nomor 29 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan pada Tempat dan Fasilitas Umum dalam Masa Pandemi Covid-19 telah diberlakukan.

Baca Juga: Kota Bogor Alami Lonjakan Kasus Covid-19 dalam Tiga Hari Terakhir

Dalam Pasal 11 ayat 2 peraturan daerah tersebut, tertulis setiap masyarakat yang tak mengenakan masker di tempat umum akan dikenakan sanksi berupa teguran, kerja sosial, atau denda Rp50.000.

"Kita bersama tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri, sengaja merazia masker ke wilayah Kantor Wali Kota Tasikmalaya dan perkantoran lainnya supaya bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jelas Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Polisi Pamong Praja Kota Tasikmalaya, Yogi Subarkah, kepada wartawan, Senin sore.

Sementara kata dia, baru 5 orang PNS yang terkena razia. Mereka diberi sanksi kerja sosial.

Baca Juga: 60 Persen Koperasi Jabar Terdampak Covid-19, Sebagian Mulai Pulih

Yogi juga mengatakan, razia bagi masyarakat tak mengenakan masker akan dilakukan secara kontinyu ke beberapa tempat dan bukan hanya lingkungan pemerintah saja.
Semua tempat keramaian ujar dia akan diperiksa demi menegakkan aturan Perwalkot yang bertujuan untuk kepentingan kesehatan secara bersama.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X