Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Kembali Menemukan Adanya Proses Tidak Sesuai Aturan

- 8 Agustus 2020, 10:44 WIB
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Khoerun Nasichin.* /Pikiran-Rakyat.com/Aris MF

PIKIRAN RAKYAT - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya kembali menemukan adanya proses tidak sesuai aturan dalam tahapan pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar calon pemilih untuk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020.

Kali ini, ditemukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang dalam melaksanakan tugas Coklit tidak sesuai aturan.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Khoerun Nasichin mengatakan, ketika pihaknya melakukan pengawasan proses coklit oleh PPDP di lapangan, ada satu temuan dari Panwascam Mangunreja, dimana PPDP tidak melakukan pekerjaannya sesuai dengan yang diamanatkan PKPU Nomor 6 Tahun 2020.

Baca Juga: Live Streaming dan Jadwal MotoGP 2020: Siasat Rossi di Lintasan yang Miliki Tonjolan dan Grip Rendah

Dimana amanat PKPU tersebut menegaskan, proses coklit itu harus langsung datang ke rumah pemilih. Namun yang terjadi di Desa Margajaya Kecamatan Mangunreja justru sebaliknya. Petugas coklit ini malah mengumpulkan KTP dan KK secara kolektif, lalu dibawa pulang ke rumah PPDP.

"Jadi petugas coklit ini menulis data KTP dan KK ke dalam formulir A-1 dan A-2, setelah itu dikasihkan kepada orang yang tercantum dalam formulir A-KWK tersebut," ujar Khoerun, Jumat 7 Agustus 2020.

Hal itulah yang tidak sesuai dengan amanat yang tertuang dalam PKPU nomor 6 tahun 2020. Sehingga Bawaslu menyimpulkan ini masuk kepada pelanggaran administrasi.

Baca Juga: Peringati HUT RI ke-75, Berikut 8 Anggota Paskibra Istana dari Pelajar Sekolah di Beberapa Daerah

Ditambahkan dia, kasus Mangunreja tersebut sudah ditangani Bawaslu melalui Panwascam Mangunreja. Dan saat ini PPDP tersebut diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan hingga akhir batas waktu coklit 13 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X