Masyarakat Garda Terdepan Lawan Covid-19

- 7 Agustus 2020, 19:23 WIB
ILUSTRASI Pakai Masker saat Beraktivitas di Luar Rumah. /DOK. HUMAS JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Kedisiplinan masyarakat terapkan protokol kesehatan amat penting dalam pengendalian sebaran Covid-19 pada masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) di Jawa Barat (Jabar).

Wakil Koordinator Sub Divisi Kebijakan dan Kajian Epidemiologi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Bony Wiem Lestari menyatakan, masyarakat adalah garda terdepan melawan Covid-19.

Banyak bukti ilmiah menunjukkan, penerapan protokol kesehatan efektif cegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Pelabuhan Patimban Ditargetkan Soft Launching Awal November 2020

"Masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan. Jadi, protokol kesehatan harus jadi bagian dari kebiasaan sehari-hari. Seperti pakai masker serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan," kata Bony di GOR Saparua, Kota Bandung, Jumat 07 Agustus 2020.

Tren kasus positif Covid-19 di Jabar meningkat. Hal tersebut terlihat dari zona risiko 27 kabupaten/kota di Jabar. Periode 27 Juli-2 Agustus 2020, terdapat 1 daerah masuk zona risiko tinggi (merah), 9 daerah zona risiko sedang (oranye), dan 17 daerah zona risiko rendah (kuning).

Sedangkan, pada periode 20-26 Juli 2020, tidak ada daerah di Jabar yang berstatus risiko tinggi.

Bony mengatakan, terdapat tiga aspek yang digunakan untuk mengukur level risiko Covid-19, yakni aspek epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan. Selain itu, angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 Jabar pada 2 Agustus berada di angka 1,23.

Baca Juga: Program Sebar Salurkan Daging Kurban ke Tujuh Daerah di Jawa Barat

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X