Raden Raharjo Berikrar Jadi Pjs Sultan Kasepuhan Cirebon, Putra Mahkota: Tidak Berhak Gelar Kerajaan

- 6 Agustus 2020, 14:57 WIB
Raden Raharjo Cucu Sultan Sepuh ke XI Keraton Kasepuhan Cirebon, mengikrarkan diri dengan cara dilantik sebagai Pejabat sementara (Pjs) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon. /Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi

PIKIRAN RAKYAT - Raden Raharjo Cucu Sultan Sepuh ke XI Keraton Kasepuhan Cirebon, mengikrarkan diri dengan cara dilantik sebagai Pejabat sementara (Pjs) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengisi ke kosongan kursi pejabat sultan di keraton kasepuhan, pasca sepeninggalnya Sultan Sepuh ke XIV PRA Arief Natadiningrat.

"Seperti contohnya pada Pangeran Cakra Buana dulu saat turun tahta, dirinya tidak memberikan tahtanya kepada putra sulungnya tetapi kepada keponakannya yaitu syekh syarif hidayatullah, karena lebih mampu dibandingkan putra sulungnya," kata Raharjo dihadapan wartawan usai pelantikan.

Baca Juga: Sinopsis Film: Ghost in the Shell

Raharjo bertekad ke depan akan melakukan berbagai perbaikan-perbaikan ditingkat keraton, dirinya belum bisa memastikan sampai kapan jabatan Pjsnya di dudukinya karena nanti ada pertemuan kembali ke depan.

Sementara saat ditanya keberadaan putra mahkota, dirinya sejak dulu sudah berkoordinasi dengan Almarhum PRA Arief Natadiningrat, kami mengambil keputusan ini agar keraton kasepuhan tidak hancur.

"Secara otomatis nantinya takhta akan berpindah, namun dengan beberapa langkah karena biar bagaimana pun sodara Arief kami hargai jasanya selama memimpin Keraton Kasepuhan Cirebon," tuturnya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Orang Berbohong ala Agen FBI, Cek Mata dan Keringatnya

Pantauan Pikiran Rakyat.com di lokasi prosesi pengukuhan itu, dilakukan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan Cirebon, hadir dalam acara ini keluarga kerabat keraton, proses pengukuhan berjalan aman dan kondusif dengan pengawalan dari Polres Cirebon Kota.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Karawang Post

hhhh

27 Januari 2021, 23:59 WIB
X