Dijuluki Kota Santri, Forum Pesantren Peduli Tasikmalaya Dukung Pasangan Iwan dan Iip

- 6 Agustus 2020, 08:37 WIB
Deklarasi dukungan kepada Iwan Saputra dan Iip Miftahul Paoz sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya untuk Pilkada periode 2020-2025.* /Istimewa

PIKIRAN RAKYAT- Forum Pesantren Peduli Kabupaten Tasikmalaya (FPPKT) mendeklarasikan dukungan kepada Iwan Saputra dan Iip Miftahul Paoz sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya untuk Pilkada periode 2020-2025.

Ketua FPPKT, Aa Fuad Mukhlis mengatakan, kalangan pesantren memberikan dukungan politik untuk pasangan tersebut didasari dengan kultur daerah Tasikmalaya yang merupakan basis pesantren di Jawa Barat.

"Kabupaten Tasikmalaya bahkan sejak dulu sudah dijuluki kota santri. Masyarakatnya sangat religius karena di sini berdiri ratusan pesantren, yang 93 persennya memiliki faham ahlussunah wal jama'ah an-nahdliyah," ujar Fuad dalam keterangan tertulis usai deklarasi, Rabu 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Dua Pejabat Pemkab Sukabumi Terindikasi Melakukan Pelanggaran

Di sisi lain, lanjut dia, pihaknya menyadari penggunaan isu agama dan aqidah dalam percaturan politik sering dinilai sensitif oleh beberapa pihak. Namun setelah mencermati perkembangan dinamika politik menjelang Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya, serta mendengarkan aspirasi para kyai, ajengan, para santri, dan pondok pesantren, termasuk ormas Islam, justru sebaliknya untuk daerah Kabupaten Tasikmalaya.

"Justru mayoritas masyarakat Kabupaten Tasikmalaya membutuhkan sosok pemimpin yang mempunyai komitmen kuat terhadap agama, karena agama merupakan pondasi kehidupan masyarakat Tasikmalaya," ujarnya.

Deklarasi didukung oleh 123 orang perwakilan dari 97 pondok pesantren, yang rata-rata terdiri dari para ajengan muda.

Baca Juga: Bantu Dilan Jalani Operasi Mata, Curahan Hati Ruben Onsu: Setiap Malam Ada dalam Doa Kami

Adapun isi dari deklarasi tersebut adalah:

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X