Pimpin Rapat AKB di Cirebon, Gubernur Minta Belanja Daerah Segera Direalisasi

- 6 Agustus 2020, 06:55 WIB
Rapat Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Cirebon, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.* /Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota dan Kabupaten Cirebon, segera merealisasikan atau mempercepat belanja pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian di tengah pandemi seperti saat ini.

Menurutnya, di tengah situasi sulit saat ini pembelanjaan anggaran pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan satu-satunya cara untuk menggerakan roda ekonomi di daerah.

"Saat ini belanja pemerintah menjadi satu-satunya "api" ekonomi yang bisa menggerakan perekonomian di daerah maupun nasional. Karena tiga komponen "api" ekonomi lainnya yakni ekspor, investasi dan daya beli sudah benar-benar padam dengan adanya pandemi Covid-19," kata Emil dalam pengarahannya saat memimpin rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota dan Kabupaten Cirebon di Hotel Prima Rabu 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Video Perjuangan Ayah Peluk dan Gendong Anak Saat Ledakan Dahsyat Lebanon Viral di Medsos

Untuk itu, pemerintah daerah diminta memaksimalkan penyerapan anggaran, apalagi pemda juga telah mendapatkan pinjaman dari pemerintah pusat untuk melaksanakan sejumlah program padat karya.

Emil meminta dana yang ada dimanfaatkan untuk memutar roda perekonomian masyarakat.

"Kalau masih ada anggaran rapat, rapatnya bisa digelar di hotel," kata Emil.

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Emil juga meminta kepada pemerintah daerah untuk kembali menguatkan ekonomi berdasarkan ciri khasnya masing-masing.

Baca Juga: Cara Membuka Kunci Ponsel Jika Lupa PIN, Password dan Kata Sandi

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X